Air Terjun Melanggar Indah Dan Elok

oleh

 

Air terjung kebangaan masyarakat Landak. Musim libur panjang wisata ini meningkat. (Int) 

Serimbu, landak News – Air terjun Melanggar atau sering disebut juga Banangar, Mananggar, dan Menaggar adalah patahan sungai landak yang menjadi wisata alam berupa air terjun yang berada di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar,kabupaten Landak.

Letak air terjun ini berada di hulu Sungai Landak, sekitar 290 kilometer arah timur laut Pontianak, ibu kota provinsiKalimantan Barat.

Air terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah.

Dari Ngabang Ibu Kota Kabupaten Landak hanya membutuhkan waktu 2 jaman.

Selama dalam perjalanan kita akan merasakan adventure,  menyembranggi 3 jembatan gantung. Sudah tentu membuat spot jantung kita.

Lelah, akan terbayar bila kita sudah sampai di  air terjun Banangar.

Keunikan air terjun Melanggar ini adalah terdapat danau yang berada di bawah air terjun ini dengan luas kurang lebih 2 hektare yang berbentuk bulat dan dapat digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan ataupun udang.

Sedangkan di kiri atas terdapat sebuah tempat untuk memohon rezeki kepada Tuhan YME yang sudah dilakukan ratusan tahun yang lalu sampai sekarang ini. Selanjutnya, di atas terdapat gunung Pejapa dengan ketinggian 1.019 meter yang mengelilingi air terjun Melanggar dan terdapat hutan yang masih utuh dan dilindunggi.

Dan yang terakhir, di seberang sungai terdapat gua Sanjan yang terdapat air terjun kecil dan sungai kecil. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *