Olele, Taman Laut Cantik yang Menunggu Dijamah Turis

oleh

Kegiatan snorkeling di Taman Laut Olele, Gorontalo, Sulawesi. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

GORONTALO, LANDAK NEWS –  Keindahan bawah laut Sulawesi bukan hanya ada di Taman Laut Nasional Bunaken atau Taman Nasional Kepulauan Togean. Tepatnya di kawasan Gorontalo, juga ada Taman Laut Olele yang semakin sering dikunjungi turis dalam negeri dan mancanegara.

Berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, taman laut ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Gorontalo. 

Berpasir putih dan berperairan tenang, taman laut ini juga tak berada jauh dari Teluk Tomini, sehingga terumbu karangnya sama indahnya. Jadi, snorkeling atau diving sangat bisa dilakukan di sini.

Pengembangan wisatanya sudah mulai terasa, dengan banyaknya tempat makan dan tempat penginapan sederhana yang bermunculan. Walau semakin ramai, namun kelestariannya masih terjaga.

Salah satu warga, Ardy, mengaku sangat ingin Taman Laut Olele dikenal lebih luas.

“Jika promosi dilakukan pemerintah dengan optimal, kami yakin taman laut Olele bisa bersaing dengan objek wisata bahari lainnya di Indonesia,” kata Ardy, seperti yang dilansir dari Antara.

“Akses jalan terutama. Saya yakin industri pariwisata bisa meningkatkan eknomoi masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Turis asal Perancis, Allain Guillard, juga mengatakan hal senada. Ia yakin, taman laut ini sama potensialnya dengan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Apalagi, banyak turis yang transit di Desa Olele sebelum berangkat ke Togean, sama seperti dirinya.

“Gorontalo adalah tempat menyelam terbaik di Pulau Sulawesi, khususnya Taman Laut Olele. Objek wisata ini sangat perlu dipromosikan,” kata Guillard.

Dalam wawancara yang berbeda, Bupati Bone Bolango mengatakan, mempromosikan Taman Laut Olele memang telah menjadi rencana jangka panjang dan pendek pihaknya.

“Tak hanya Taman Laut Olele, kami juga gencar melakukan promosi objek wisata lainnya seperti Pantai Botutonuo, wisata alam Lombongo dan danau perintis, agrowisata Pinogu,” pungkas Bolango.

Oleh: CNNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *