Upacara Pengukuhan Timanggung, Ini Harapan Kapolsek Menjalin

oleh

MENJALIN, LANDAKNEWS – Upacara pengukuhan Timanggung Binua Kaca’ Hilir yang dilaksanakan di rumah kediaman timanggung terpilih Amirudin di Dusun Jungkung Desa Nangka Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak, Selasa (17/04), pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Menjalin, Kapolsek Menjalin, Ketua DAD Kec. Menjalin, Kades Nangka, Kades Raba, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh adat pasirah dan pangaraga, dan tokoh masyarakat yang ada di Desa Nangka.

Kapolsek Menjalin yang hadir memenuhi undangan  upacara pengukuhan timanggung  tersebut memperkenalkan diri dan menyampaikan himbauan dan harapan kepada temanggung Kaca’ hilir Desa Nangka terpilih bapak Julius Jamani, saat memberikan kata sambutan dalam kegiatan upacara pengukuhan temanggung tersebut.

“Selamat bertugas kepada sebagai pengurus  temanggung Kaca’ Hilir yang nantinya akan menjalankan dan menegakkan aturan hukum serta budaya adat istiadat suku dayak yang ada di lingkungan masyarakat Desa Nangka Kec. Menjalin,  ” ujar Iptu Teguh kepada Temanggung Kaca’ Hilir.

Kapolsek Menjalin, Iptu.Teguh Pambudi menuturkan dengan adanya pengurus adat setiap desa-desa yang ada di Kec. Menjalin, dapat berkerja sama dan menjalin hubungan harmonis dengan pihak Kepolisian Sektor Menjalin terkait penegakkan hukum dan kearifan lokal yang ada di masyarakat Kec. Menjalin Kab. Landak, ” tutur Teguh.

Kearifan lokal dalam melaksanakan penegakkan hukum adat merupakan salah satu langkah alternatif dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat, yang mana kita ketahui di wilayah Kab. Landak masih menjalani dan berlaku aturan hukum adat yang diakui dan dihormati di lingkungan masyarakat, sehingga aturan adat tersebut juga biasa digunakan untuk memberikan sangsi atau hukuman bagi pelaku kejahatan, yang mana dalam memberikan hukuman adat di butuhkan pengurus adat yang mengetahui aturan adat yang berlaku dan dipilih oleh masyarakat setempat sebagai orang yang dapat membuat kebijakan aturan adat, ” terang Thomas Apon, Ketua DAD Kecamatan Menjalin.

Kapolsek Menjalin berharap dengan adanya pengurus adat di setiap desa yang ada di Kec. Menjalin dapat membantu pihak Kepolisian Sektor Menjalin dalam bekerjasama dan bersinergitas menciptakan situasi yang aman terkendali dan kondusif di wilayah Kecamatan Menjalin.

Penulis : Oktavianto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *