Polisi Berikan Pengamanan UNBK Dan UNKP

oleh

NGABANG,  LANDAKNEWS -Memasuki hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP sederajat yang digelar serempak di seluruh Insonesia, tampak kesibukan pada sekolah sekolah penyelenggara dalam mempersiapkan sarana yang menjadi pendukung kelancaran pelaksanaaan kegiatan dimaksud.

Senin (23/4), Menurut data yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Landak bahwa pelaksanaan UNBK untuk kurikulum 2017/2018 hanya beberapa sekolah saja yang  ditunjuk melaksanakannya, hal ini terkait bahwa pelaksanaan UNBK tahun ini merupakan tahap sosialisasi dan bila program berjalan baik sesuai yang diharapkan oleh pemerintah maka program pelaksanaan UNBK akan diterapkan pada kurikulum 2018/2019 secara nasional.

Merujuk pada jadwal yang diterima dari Disdik Landak bahwa pelaksanaan kegiatan UNBK dibagi dalam tiga sesi, hal itu mengingat jumlah unit komputer penyelenggara tidak mencukupi dengan jumlah peserta ujian, pada  pelaksanaannya masing – masing sesi mendapatkan waktu ujian selama dua jam per sesi, ujian sesi pertama dimulai pukul 07.30 s/d 09.30, sesi kedua 10.30 s/d 12.30 sedangkan sesi ketiga pukul 14.00 s/d 16.00 wiba dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, sedangkan untuk UNKP dilaksanakan dalam satu sesi saja dan waktunya bersamaan saat sesi kedua UNBK yaitu pukul 10.30 s/d 12.30 wiba.

“Sesuai jadwal, saya sudah keluarkan perintah pengamanan pada sekolah sekolah penyelenggara ujian, baik yang UNBK maupun  yang UNKP, ” ungkap Kapolsek Ngabang Komosaris Polisi Ida Bagus Gde Sinung, SH,MH.

“Menurut jadwal yang saya terima untuk Kecamatan Ngabang, sekolah yang melaksanakan UNBK meliputi 5 sekolah penyelenggara sedangkan UNKP meliputi 14 sekolah dan beberapa sekolah masih bergabung menginduk pada sekolah yang ditujuk sebagai penyelenggara, ” lanjutnya.

Sinung juga menjelaskan bahwa tujuan ditempatkannya petugas Kepolisian selain menjamin keamanam dokumen negara juga diharapkan dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan saat ujian berlangsung.

“Sebelum mereka berangkat, saya sudah berikan arahan dan masukan tentang tata cara pengamanan saaat pengamanan disekolah, sayapun sudah ingatkan agar sebelum dan saat berjalannya ujian agar dilakukan sterilisasi sekitar lingkungan agar selalu tenang,” jelas Sinung saat ditemui diruang kerjanya.

Penulis : Irwanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *