Gunakan BKPM Polsek Mandor, DAD Bantu Selesaikan Sengketa

oleh

MANDOR, LANDAKNEWS – Balai Kemintraan Polisi Masyarakat (BKPM ) merupakan ruangan yang digunakan untuk pertemuan bagi personil Kepolisian namun juga sering digunakan untuk pertemuan masyarakat.

Sabtu ( 2/6/18), siang diadakan pertemuan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Mandor Agus Guletek yang melakukan mediasi terhadap permasalahan warga di ruang BKPM Polsek Mandor.

Bhabinkamtibmas Desa Salatiga BRIPKA. Sadrak Delvis yang ikut mendampingi dalam mediasi tersebut menjelaskan bahwa ini upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan diwilayah desa binaannya.

“Mediasi ini hanya masalah miss komunikasi antara sdr. Yanti dan sdr. amin, yang membuat salah satu pihak keberatan dan melaporkan ke ketua DAD Kecamatan Mandor,” tutur Sadrak.

Dikatanya, mediasi yang dihadiri oleh Ketua DAD Kecamatan Mandor, Kepala Desa, Staf Desa, BPD dan Pengurus Adat Desa Salatiga berlangsung hampir selama 2 jam, yang mana diperoleh kesepakatan damai antara kedua belah pihak.

“Hasil mediasi kedua belah pihak dikenakan sanksi adat damai sesuai ketentuan dan aturan hukum adat yang berlaku di kecamatan Mandor,” terang Sadrak.

Kapolsek IPTU. Anuar Syarifudin menambahkan pihaknya selalu siap menfasilitasi tempat dan pendampingan bagi masyarakatnya guna melakukan mediasi setiap permasalahan yang terjadi agar tercapai musyawarah kesepakatan damai.

“Sesuai dengan namanya BKPM. DAD, Aparatur Desa dan Pengurus Adat Serta masyarakat adalah mitra kami, silahkan gunakan tempat kami untuk mencari solusi permasalahan yang terjadi, karena tidak semua permasalahan harus ditempuh dengan jalur hukum namun dengan musyawarah mufakat itu lebih baik,” pintanya.

Penulis : Hilarius Aleksander
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *