Pendaftaran Hari Akhir, Partai Bulan Bintang Tidak Daftarkan Bacalegnya Ke KPU Landak

oleh

NGABANG, LANDAKNEWS– Hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) dari Partai Politik (Parpol), ke KPU Landak, Senin (17/07/18) pukul 24.00 Wib diisi 15 Parpol.

Hanya ada satu Parpol yang tidak mendaftarakan diri yaitu Partai Bulan Bintang (PBB).

“Hingga pukul 24.00 wib malam tadi hanya PBB yang tidak ada konfirmasinya. Dari awal hingga terahir pendaftaran tidak ada konmfirmasinya,” kata Ketua KPU Landak Herkulanus Yakobus, kepada sejumnlah waertawan, Selasa (18/08/19), tadi diruang kerjanya.

Yakobus menyatakan, ada 409 Calon Legeslatif (Caleg), didaftar oleh 15 Parpol di KPU Landak. Dimana Parpol yang paling sedkit mendafaftarkan Calegnya hanya 5 orang.

“Partai ini hanya mengisi di 2 Daerah Pemilihan (Dapil) yaitu Dapil 1 dan dapil 2.Sementara Parpol lain merata hampir semua Dapil diisi oleh Calegnya,” jelas Yakobus.

Untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP), lanjut Yakobus, diisi oleh 13 Caleg. Partai ini mines disi oleh Dapil 3 dan Dapil 4. “Dapil 1, dapil 2 dan Dapil 5 ada perwakilan caleg PPPnya,” tegas Yakobus.

Yakobus juga menjelaskan tahapan perefikasi administrasi Caleg yaitu dari tanggal 19 s.d 21 Juli 2018. “Jadwal ini akan kita manfaatkan sebagai pengumuman apa-apa syarat calon yang harus diperbaiki,” kata Yakobus lagi seraya menambahkan, masa perbaikan darri tanggal 22 sampai dengan 31 Juli 2018.

Terkait apakah bisa gugur atau tidak memenuhi syarat Caleg? Yakobus menegaskan kembali tergantung ferifvikasi dari calon yang bersangkutan. Jika memang ada indikasi mereka gagal, bisa saja gugur.

“Inikah lagi masuk proses, bilamana masih ada waktu untuk perbaikan kita minta diperbaiki. Masa perbaikan itu kita manfaatkan sebaik mungkin,” beber Yakobus.

Disinggung apakah ada masa tanggapan masyarakat? “Masa tanggapan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) dari tanggal 12 sampai dengan 14 Agustus 2018. Dan masukan dariu masyarakat dimulai dari tanggal 12 sampai dengan 21 Agustus 2018,” katanya.

Terakhir, masuk masa klarifikasi terhadap tanggapan, bisa ke Parpol bersangkutan atau juga ke KPU Landak.

Penulis: hi74
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *