Patroli Karhutlah Polsek Ngabang “Anggap Saja Touring”

oleh

NGABANG,  LANDAKNEWS – Setelah beberapa pekan Kecamatan Ngabang dan Jelimpo dilanda musim penghujan yang menyebabkan dibeberapa titik desa mengalami banjir, kini musim itu berlalu dan berganti ke musim kering atau kemarau.

Menginjak musim kering biasanya moment ini banyak dimanfaatkan oleh oknum masyatakat untuk melakukan pembakaran lahan. Hal ini dapat dilihat melalui jaringan aplikasi yang terkoneksi satelit.

Banyaknya titik api (hot spot) yang terpantau membuat Kapolsek Ngabang Komisaris Polisi Ida Bagus Gde Sinung SH,MH turun langsung membawa beberapa anggotanya mendatangi dan menemui langsung para Kades serta perangkatnya dengan maksud meberdayakan dan mengajak para kades serta perangkatnya untuk berperan aktif mengkampanyekan “tidak membakar lahan” kepada masyarakatnya.

Seperti yang baru dilaksanakan, Rabu (8/8/18), Kapoksek Ngabang dengan membawa 5 orang anggotanya melaksanakan patroli karhutlah dengan menyambangi tiga Desa dalam waktu sehari untuk wilayah terjauh ( Desa Sekais, Desa Kersik Blantian dan Desa Temahar) Kecamatan Ngabang maupun Jelimpo.

Di setiap Desa yang disinggahi Kapolsek langsung melakukan pertemuan dengan para Kades serta perangkat desa setempat guna membahas terkait maraknya pembakaran lahan dan solusi pencegahan. Selain hal tersebut, moment pertemuan juga dimanfaatkan sebagai ajang saling bertukar informasi menyangkut kamtibmas di desa masing masing.

“dengan resiko maupun dampak yang ditimbulkan akibat karhutlah, saya mengharapkan peran kita semua untuk bersama menanggulangi bencana ini dengan cara mencegah” pinta Kapolsek.

Faktor geografis menyebabkan rombongan baru dapat memembus jalan aspal Kecamatan Jelimpo pukul 21.00 wiba malam dengan titik keberangkatan Polsek Ngabang pukul 09.15 wiba pagi. Jarak tempuh yang cukup melelahkan dengan kondisi dan karakteristik alam membawa beberapa kendaraan berakhir di bengkel motor.

“Anggap saja perjalanan yang penuh jatuh bangun ini sebuah touring agar kita tetap semangat, ” canda Kapolsek sembari tertawa.

Penulis : Irwanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *