KONI Kabupaten Landak Gelar Rapat Anggota

oleh

Suasana rapat anggota KONI Kabupaten Landak, Rabu (29/08/18), di Aula Sidang DPRD Kabupaten Landak. (Foto: One) 

NGABANG, LANDAKNEWS – Komite Olah Raga Nasional (KONI) Kabupaten Landak, Rabu ( 29/08/18), menggelar Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak Tahun 2018.

Dalam Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak itu dihadiri Wakil Ketua KONI Kalbar Kombes Pol Purn Suhadi SW, Pj Sekda Landak Alpius mewakili Bupati Landak, Dewan Kehormatan, Dewan Penyantun, Pengurus KONI Kabupaten Landak, Pengkab se Kabupaten Landak dan Ketua KOK se Kabupaten Landak.

Ketua KONI Kabupaten Landak Heri Saman dalam sambutannya menyatakan, kegiatan Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak Tahun 2018 adalah sebagai agenda tahunan yang diamanatkan oleh Anggaran Dasar KONI Tahun 2018 Pasal 31 ayat 1, yaitu bahwa rapat anggota diselenggarakan sekali dalam setiap 1 (satu) tahun.

“Melalui rapat anggota ini kita bisa duduk bersama untuk menyatukan visi kita dalam memajukan keolahragaan di Kabupaten Landak yang kita cintai ini,” katanya.

Ketua DPRD Landak ini juga mengatakan ada beberapa agenda KONI Kabupaten Landak yang harus kita bicarakan bersama-sama, baik dengan anggota KONI yaitu pengurus kabupaten (Pengkab) cabang olahraga dan koordinator olahraga kecamatan maupun instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Ketua DAD Kabupaten Landak ini lebih jauh menegaskan sesuai dengan tema rapat Anggota KONI Kabupaten Landak Tahun 2018, yaitu “Melalui Rapat Anggota Kita Bulatkan Tekad Untuk Berprestasi Pada Porprov XII Kalbar Tahun 2018”.

“Untuk berprestasi di Porprov XII Tahun 2018, kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin, melalui berbagai macam persiapan di antaranya kita juga mengikuti seleksi atlet dari berbagai cabang melalui Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab), Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) maupun melalui klub-klub yang ada dalam hal pembinaan atlit,” tegasnya.

Maka dari itu, pada hari ini, kita duduk bersama untuk bermusyawarah baik Pengkab maupun KOK bertekad bulat dalam hal mencetak atlet yang berprestasi sehingga secara lahir dan batin Kabupaten Landak dalam menghadapi even 4 tahunan yaitu Porprov XII Tahun 2018 yang akan datang mampu bersaing dengan daerah lain yang telah maju.

Sementara itu Pj Sekda Landak Alpius mengatakan Olahraga merupakan kebutuhan manusia yang merupakan unsur pokok dan sangat berpengaruh dalam pembentukan jiwa (rohani) dan jasmani yang kuat.

Selain itu seiring dengan dinamika, olahraga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa. Hal tersebut dapat dicapai melalui prestasi yang membanggakan di bidang olahraga.

Untuk mencapai tujuan tersebut, organisasi keolahragaan yang berwenang untuk mengkoordinasikan dan membina setiap dan seluruh kegiatan olahraga.

“Dengan demikian, melalui koni ini dapat diwujudkan prestasi olahraga yang membanggakan. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, koni serta segenap jajarannya berkewajiban untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan Anggaran Dasar/aAnggaran Rumah Tangga (AD/ART),” katanya.

Mengingat terdapat banyak cabang olahraga prestasi, maka KONI dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik serta memiliki pengelolaan manajemen yang teratur. Menjadi organisasi yang mandiri dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

“Hal tersebut menjadi tuntutan dan harus dilaksanakan oleh koni karena keberhasilan suatu organisasi termasuk KONI tidak akan pernah tercapai tanpa adanya suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan kerja, serta adanya suatu pengawasan atas pelaksanaan kerja,” jelasnya.

Dengan memiliki manajemen yang baik dan teratur, KONI akan mampu melaksanakan tugasnya dengan lebih profesional. Dengan kerja yang profesional KONI akan mampu menghadapi tantangan yang dihadapi, serta mencapai tujuan dalam mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan.

Alpius berharap anggota KONI disamping itu, peran aktif anggota masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya pencapaian tujuan tersebut. Namun pada kenyataannya, pemahaman masyarakat tentang tujuan dan tugas koni yang masih kurang membuat peran masyarakat belum maksimal bahkan sebagian masyarakat tidak peduli dengan perkembangan olahraga prestasi yang menjadi tujuan KONI.

“Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat adalah dengan memberikan pemahaman tentang tujuan dan tugas KONI, sehingga pada akhirnya peran masyarakat dalam meningkatkan olahraga prestasi dapat ditingkatkan. Setidaknya ada beberapa tantangan pembangunan olah raga sekarang ini dan ke depan, antara lain tingginya tuntutan publik terhadap prestasi olahraga yang terus meningkat, menjadikan olahraga sebagai instrumen pembangunan dan desentralisasi pembangunan olahraga,” ungkpanya.

Tantangan tersebut baik secara pribadi maupun bersama-sama perlu dicermati dan diantisipasi secara sungguh-sungguh. Adanya keinginan yang kuat untuk melaksanakannya dalam satu ayunan kebijakan, sungguh dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi.

Untuk itu rapat anggota KONI ini merupakan momen yang penting dalam menyusun rencana prioritas secara tepat sasaran dan mampu diaplikasikan melalui kegiatan olahraga.

“Pada kesempatan ini saya juga ingin mengingatkan bahwa pekan olahraga provinsi yang ke-XII yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 di Pontianak. Saya berharap KONI Kabupaten Landak dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk sedini mungkin meningkatkan kualitas sdm pelatih dan atlet cabang olah raga. Dan saya berharap Kabupaten Landak dapat meraih prestasi terbaiknya paling tidak memperbaiki peringkat yang pernah dicapai pada Porprov sebelumnya.

Wakil Ketua KONI Kalbar, Kombes Pol Purn Suhadi SW mengatakan, Pekan Olahraga Provinsi Kalbar akan dibuka 17 – 24 Nopember 2018. Sehingga masing-masing KONI di kabupaten kota sedang mempersiapkan.

Ia mengapresiasi KONI Landak yang sudah berhasil mencetak atlit salah satunya dapat mewakili Kalbar ke tingkat nasional.

“Atlit yang prestasi ke tingkat nasional kita beri intensif Rp.2.500.000 setiap bulan dan pelatih Rp. 3.000.000 intensif tiap bulan. Untuk memberikan motivasi,”ungkap mantan Kadiv Humas Polda Kalbar ini.

Ia mengaku, kendala saat ini di KONI Kalbar masalah mutasi atlit ada diambil daerah lain. Padahal selama ini sudah dibina.

“Selanjutnya, untuk KONI kabupaten kami berharap agar selalu koordinasi dengan Pemda. Karena KONI perpanjangan tangan Dispora. Tidak boleh berseberangan dan harua bersinergi. Karena anggaran dari pemda,”pesan Suhad

Sementara itu Ketua Panitia Asep Saepuloh dalam laporannya menyatakan Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak Tahun 2018 Dasar Pelaksananaya : 1) Anggaran Dasar KONI Tahun 2017 Pasal 41 ayat 1 bahwa Rapat Anggota diselenggarakan sekali dalam setiap 1 (satu) tahun. 2) Surat Tugas Ketua Umum KONI Kabupaten Landak Nomor : 017/Tgs/KONIKL/IV/2018 Tanggal 17 Juli 2018 tentang Panitia Pelaksana Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak Tahun 2018.

Kemudian Tugas Rapat Anggota berdasarkan Anggaran Dasar KONI Tahun 2017 Pasal 34 ayat 5 Rapat Anggota KONI bertugas : 1) Meminta dan memutuskan tentang laporan pelaksanaan program kerja dan laporan keuangan untuk tahun berjalan pengurus KONI Kabupaten/Kota; 2) Membahas dan memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan rencana Program Kerja Tahunan; 3) Membahas dan memutuskan segala permasalahan yang menyangkut status keanggotaan; 4) Menetapkan penerimaan atau penolakan terhadap permohonan untuk diterima sebagai anggota; 5) Membahas dan memutuskan hal-hal yang dianggap perlu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pembinaan olahraga prestasi.

“Pendanaan adapun dana yang digunakan untuk kegiatan Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak ini berasal dari Pemerintah Kabupaten Landak melalui alokasi dana KONI Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2018, “ katanya.

Asep menambahkan jumlah peserta dalam rapat Rapat Anggota KONI Kabupaten Landak tahun 2018 berjumlah 135 orang yang berasal dari utusan Pengkab, KOK, Pengurus KONI Landak, KONI Kalbar, Dewan Kehormatan KONI Landak, dan Dewan Penyantun Landak.

Penulis: One
Editor: hi74

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *