Minimarket Di Pahauman Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

oleh

PAHAUMAN, LANDAKNEWS – Sabtu (01/09/18) pukul 02.00 Wib di Dusun Pahuman Rt. 002 Desa Pahuman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak telah terjadi Kebakaran.

Kebakaran yang menimpa satu Buah Minimarket milik Seno dengan ukuran bangunan di perkirakan 140 m2 dan setengah bagian rumah pribadi milik Bernapas yang terkena api dari kebakaran tersebut.

Adapun identitas pemilik Pemilik Minimarket yang terbakar yaitu
Suseno Als Seno, laki-laki, 35 tahun, Swasta, Islam, Jawa, alamat Dusun Pahauman Desa Pahauman, Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak dan rumah yang sebagian terbakar akibat kebakaran tersebut yaitu atas nama Bripka. Bernapus Suparno, Laki-laki, 33 Tahun, Polri, Katolik, Dayak, Dusun Pahauman, Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak.

Kronologis kejadian kebakaran Supermarket tersebut diketahui masyarakat, Sabtu (01/09/18), sekira pukul 02.00 wib pada saat itu warga yang kembali dari rumah saudara Bujit yang sedang berduka melihat ada kepulan asap di Minimarket milik Seno, dan tidak lama kemudian api juga membesar karena bayak barang-barang dagangan yang mudah terbakar.

Kemudian warga pun berteriak meminta tolong dengan warga sekitar pasar Pahauman karena ada kebakaran dan sebagian warga ada memukul tiang ristrik sebagai tanda ada kejadian kebakaran dan ada yang melapor ke Polsek Sengah Temila via handphone bahwa telah terjadi kebakaran di Pasar Lintang Dusun Pahauman, Desa Pahauman, kecamatan sengah temila kabupaten landak dan anggota pun berangkat ke TKP untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya bersama masyarakat, dari hasil keterangan yang diperoleh dari warga diduga kebakaran tersebut akibat dari aliran arus pendek dan cepat membesar sehingga mengakibatkan rumah Seno hangus terbakar dan menjalar ke rumah Bernapus Suparno yang membakar bagian atap rumah miliknya.

Dalam kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa namun mengalami kerugian materi.

Total akibat dari kebakaran tersebut ditaksir sekitar Rp. 1.040.000.000.- ( satu milyar empat puluh juta Rupiah )

Kapolsek Sengah Temila Iptu Sujiyanto berdasarkan keterangan saksi mengatakan, kebakaran berawal dari bagian dalam minimarket.

Menurutnya, kebakaran terjadi diduga karena arus pendek listrik /konsleting.

Hasil konfirmasi dengan Kapolsek Sengah Temila Iptu. Sujiyanto, pihaknya membenarkan atas kejadian tersebut dan mengatakan jauhnya jarak petugas Damkar dengan wilayah Polsek Sengah Temila merupakan penyebab musnahnya obyek setiap kali terjadi kebakaran.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran, hanya kerugian materi, ” ujar Kapolsek.

“Namun kami sudah menyarankan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Sengah Temila untuk mencari solusi jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran, untuk menyediakan  pompa air atau alcon guna penanganan dan penanggulangan kebakaran karena mengingat jarak kantor pemadam kebakaran cukup jauh dan memerlukan waktu,” tutur Iptu. Sujiyanto

Penulis : Andre Eka Perdana
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *