Wabup Heriadi dan Istri Ajak Gemar Makan Ikan

oleh

NGABANG – Untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Landak, pemerintah melaksanakan kegiatan Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (Gemarikan).

Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi mengajak seluruh elemen terkait di Kabupaten Landak, untuk mengoptimalisasi dan meningkatkan pola konsumsi masyarakat Kabupaten Landak, guna pembentukan generasi yang lebih sehat, dinamis dan cerdas dengan berorientasi pada pemanfaatan sumberdaya lokal yang dimiliki, seperti ikan air tawar.

Hal tersebut disampaikannya pada Kegiatan Lomba Masak serba Ikan Tingkat Kabupaten dalam Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ( Gemarikan) di Kantor Bupati Landak, 10 Oktober 2018, dengan tema, Ikan kaya nutrisi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak Ny. Maria Lestari Heriadi, selaku Ketua Forikan Kabupaten Landak, Anggota DPRD Landak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Landak, Dewan juri lomba masak serba Ikan serta tamu undangan lainnya.

Menurut Heriadi, makan ikan merupakan sumber protein paling baik bagi tubuh. Selain rendah kolesterol, ikan kaya kandungan vitamin, mineral, dan omega3. Tak heran banyak makan ikan bisa meningkatkan nutrisi dan kecerdasan terutama anak-anak.

“Karena itu gerakan makan ikan juga digalakkan, tentu gerakan makan ikan juga mendukung program pemerintah.” ujar Heriadi.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, tingkat konsumsi ikan Kabupaten Landak 2017 adalah 26,59 kg/kapita. Hal tersebut masih jauh dengan Provinsi yaitu 36,43 kg/kapita. Untuk itu diperlukan berbagai upaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kegiatan gemar makan ikan. “Implementasinya Gemarikan melalui promosi edukatif demi meningkatkan makan ikan, karena dengan konsumsi ikan, selain untuk memenuhi gizi dan nutrisi. Ikan juga memiliki manfaat dalam pengembangan tubuh dan memperbaiki fungsi kognitif. Apalagi bagi anak-anak.” terang Heriadi.

Mengkonsumsi Ikan membantu fungsi tubuh lainnya termasuk perkembangan hati, otak, dan lain-lain, dan mengatur tidur dengan baik. Makan ikan setiap hari bisa mengurangi risiko beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan jantung.

“Ikan sebagai bahan baku pangan merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, kecerdasan, dan kesejahteraan.” Ujar Heriadi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak Maria Lestari Heriadi mengatakan, pada gerakan Gemarikan kali ini, PKK Kabupaten Landak belwrjasama dengan Dinas Pertanian, perikanan dan ketahanan pangan melalui Bidang Perikanan menyelenggarakan Lomba Masakan serba Ikan yang diikuti PKK Kecamatan se-Kabupaten Landak. “Kita berharap melalui perlombaan ini diharapkan mampu mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru masakan berbahan baku ikan, sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan meningkat, ” pungkas Maria.

Penulis: Tim Liputan
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *