Inovator : Bhabinkamtibmas Gandeng Ketua PPDI Landak Ciptakan Lapangan Kerja Di Desa

oleh

NGABANG – Selain aktif sebagai Ketua Persatuan Penyandang Indonesia (PPDI) Nikolaus Supin S Th ternyata memiliki keahlian dalam pertanian.

Hal ini lah yang menjadi ketertarikan Bhabinkamtibmas Brigpol Victorius Pridoni  menggandeng beliau dalam memberikan penyuluhan dan movitasi kepada para petani di dua desa binaannya, Desa Mandor Kiru dan Desa Sekais Kecamatan Jelimpo.

Nikolaus Supin menggenalkan pola 155 kepada para perwakilan Poktan (kelompok tani) saat di desa Mandor Kiru ( 21/10) yang lalu.

Bertani dengan menggunakan pola 155. Pola 155 yang dimaksud ialah 1 Kepala Keluarga membuat kebun 5 X 5 meter di perkarangan rumah masing masing.

“Pola 155 ialah 1 Kepala Keluarga membuat kebun 5 X 5 meter di perkarangan rumah masing masing. Dan kebun yang dibuat tersebut berkelanjutan dalam arti pergantian tanamannya berkelanjutan, ” jelas Supin.

Dikesempatan yang sama Bhabinkamtibmas Victorius juga memberikan motivasi kepada para perwakilan poktan agar lebih serius menjalani profesi petani dan sehingga bisa mengikuti jejak para petani – petani sukses.

“Dikampung umumnya kita diwarisi oleh orang tua bidang tanah atau lahan yang cukup luas, sayang kalo tidak dimanfaatkan. Jangan kira jadi petani tidak bisa kaya, banyak para perantau yang berhasil di kalimantan hanya sebagai petani. Mereka bisa kenapa kita tidak ?, ” imbau Victorius.

Penulis : Bayu
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *