Orang Tua Pelaku Persetubuhan Anak di Bawah Umur Datangi Mapolsek Mandor, Ini Yang Terjadi Kemudian

oleh

MANDOR – Masduki, orang tua kandung dari HS pelaku persetubuhan anak dibawah umur terhadap (Bunga) yang terjadi Jum’at (26/10/2018), pukul 01.00 wib di lokasi area Makan Juang Mandor Desa Mandor Kecamatan Mandor mendatangi Mapolsek Mandor, Jumat (09/11/ 2018), pukul 09:00 wib.

Kedatangan  Masduki di dampingi oleh Kepala Desa Kayu Ara  Muria Yani Sadikun dengan maksud mempertanyakan proses hukum terhadap HS, yang merupakan anak kandungan Masduki.

Sebagai mana diberitakan sebelumnya HS dilaporkan oleh orang Tua (Bunga) bukan nama sebenarnya ke Polsek Mandor karena telah melakukan persetubuhan terhadap Bunga yang baru berusia 13 tahun.

Kapolsek Mandor IPTU.  Anuar Syarifudin yang baru selesai memimpin pelaksanaan apel pagi anggota Polsek Mandor, langsung menyambut kedatangan Masduki dan kepala Desa Kayu Ara    Muria Yani Sadikun.

Pada kesempatan itu Kapolsek Mandor menampung semua pertanyaan dan keluhan-keluhan yang disampaikan oleh  Masduki.

Diantaranya mengenai proses hukum terhadap HS, serta tata cara agar HS bisa didampingi oleh penasehat hukum, mengapa perkara tidak di sidik di Polsek Mandor, termasuk cara mengunjungi HS dirutan Polres Landak.

Kapolsek Mandor IPTU Anuar Syarifudin menjelaskan bahwa proses hukum terhadap HS telah dilakukan penyidikan oleh unit PPA Polres Landak meskipun yang menangani perkara awalnya adalah Unit Reskrim Polsek Mandor, akan tetapi karena pekara ini menyangkut perempuan dan anak di bawah umur, ahkirnya penanganan lanjut di limpahkan ke Unit PPA Sat Reskrim Polres Landak.

Kemudian mengenai pendampingan oleh penasehat hukum Kapolsek menjelaskan hal tersebut telah di atur oleh undang-undang bahwa setiap tersangka berhak untuk di dampingi oleh penasehat hukum baik yang ditunjuk oleh penyidik maupun yang ditunjuk oleh tersangka maupun keluarga tersangka.

Mengenai tata cara mengunjungi tahanan atau yang di kenal dengan istilah besuk tahanan, waktu telah di tentukan silahkan berkunjung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di tempat yang sama Kepala Desa Kayu Ara Murya Yani Sadikun sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas sambutan dan penjelasan yang disampaikan oleh Kapolsek Mandor IPTU. Anuar Syarifudin karena dapat memberi pemahaman kepada warga masyarakat yang butuh informasi sehubungan tersangkut atau terjerat kasus hukum.

Kades Kayu Ara mengharapkan HS maupun keluarga dapat bersabar dalam menghadapi proses yang sedang di jalani. jadikan ini sebagai pelajaran hidup.

Penulis : Irmanudin
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *