Pemkab Landak Peringati Hari Pahlawan

oleh

Suasana upacara peringatan hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Landak,  Sabtu (10/11/18). (Foto: hi74)

NGABANG – Pemerintah Kabupaten Landak, menggelar upacara  peringatan hari Pahlawan,  Sabtu (10/11/18), dihalaman Kantor Bupati Landak.

Tampak hadir Forkopimda Kabupaten Landak,  TNI/Polres, DPRD Landak, veteran,  mahasiswa,  pelajar dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu,  sebagai Irup Bupati Landak Karolin Margret Natasa.

Bupati terbaik se Kalimantan tahun 2017 ini membacakan amanat Menteri Sosial Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam amanat tersebut, bahwa
Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian. Semangat pantang menyerah semangat pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Saudara sebangsa dan setanah air. Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta Secara Serentak Selama 60 Detik seperti yang saat ini kita Iakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri.

“Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut benujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan. mempenebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara dI hati sanubari bangsa Indonesia, ” katanya.

Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun hanya sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statatis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah.

“Untuk itu kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia, ” katanya.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah : “Semangat Pahlawan Di Dadaku”mengandung makna sesuai titrahnya dalam din” setiap insan tenanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Peringatan Hari Pahlawan. menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi din’. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutka perjuangan. mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera. adil dan makmur.

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. Oleh karenanya pen‘ngatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransfonnasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Usai pelaksanaan upacara hari pahlawan,  bupati bersama Forkopimda Kabupaten Landak. Melakukan tabur bunga dimakam pahlawan Ngabang dan makam pahlawan Sidas.

Penulis: Hi74
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *