Home / Kalbar

Kamis, 8 Juni 2017 - 20:47 WIB

Kongres Internasional I Kebudayaan Dayak Sukses Digelar

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot saat Kongres Internasiol I Kebudayaan Dayak yang dilaksanakan sejak 3-6 Juni di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (istimewa)

Pontiana, Landak News – Kongres Internasiol I Kebudayaan Dayak yang dilaksanakan sejak 3-6 Juni di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, sukses digelar dan diikuti dengan antusias oleh masyarakat dan tamu undangan.

“Kongres yang dilaksanakan di Bengkayang ini mencatat sejarah dan mengulang peristiwa 1894 di Tumbang Anoi, Kalteng. Ini sejarah membangun manusia dayak yang berbudaya dan meningkatkan daya saing,” ujar Ketua Panitia, Bambang Bider saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menyebutkan dalam kongres tersebut dihadiri 237 peserta dari kalangan akademis, budayawan, Dewan Adat Dayak (DAD), Forum Timanggong dan tamu dari luar negeri.

Baca juga  KPU Persiapkan Debat Publik Cagub Kalbar

“Tamu luar negeri yang datang dalam rangkaian kegiatan kita tersebut yakni sebanyak 44 orang dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Amerika Serikat,” kata dia.

Dalam kegiatan seminar di kongres dikatakannya ada sebanyak 44 makalah yang dihadirkan dan masuk dalam beberapa kategori. Kategori tersebut meliputi bahasa, organisasi sosial, ekomoni, agama dan lainnya.

“Selain kongres ada rangkaian Gawai Sowa di Jagoi Babang. Pada kesempatan itu dihadiri Miss World Malaysia 2014, Dewi Liana Seriestha,” jelasnya.

Dari kongres tersebut paparnya menghasilkan hasil berupa penguatan kelembagaan sebagai keberlanjutan dan destinasi ide.

Baca juga  Dedeng warga Desa Kaliau : Terima Kasih Bapak Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Bapak Polisi

“Kita akan dekumentasikan ide yang dituangkan dalam makalah dan dicetak serta dipublikasikan untuk bisa dilihat oleh masyarakat. Selanjutnya kita sudah merencanakan kongres kedua,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot saat menutup kongres menyampaikan selamat dam sukses atas terselenggaranya kongres yang bersejarah bagi Dayak tersebut.

“Kongres adalah peristiwa besar dan sebagai tuan rumah kita bangga. Dengan kongres diharapkan dapat berjalan bersama dan menjaga semangat kekeluargaan serta saling menghormati,” katanya berharap. (Ant)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Polisi Bonti Libas 6 Mesin PETI

Kalbar

LROP: 83 Persen Warga Kalbar Setuju Gubernurnya Perempuan

Kalbar

Anak Paroki Katedral Komuni Pertama

Kalbar

Pertamina Tambah Stok BBM Dan Elpiji 15 Persen Sepanjang Lebaran

Kalbar

Polda-BNN Kalbar Musnahkan Sabu-Sabu Dan Ribuan Ekstasi

Kalbar

Selalu Bersinergitas Babinsa Dengan Bhabinkatibmas Polsek Kuala Behe Dalam Menjaga Kamtibmas Diwilayahnya

Kalbar

Konferensi Pers: Bawaslu Sanggau Umumkan 1642 Pengawas Siap Awasi TPS

Kalbar

Panglima Kodam XII/Tpr Hadiri Pembukaan Pesparawi di Pontianak
error: Content is protected !!