Home / Kalbar

Kamis, 8 Juni 2017 - 20:47 WIB

Kongres Internasional I Kebudayaan Dayak Sukses Digelar

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot saat Kongres Internasiol I Kebudayaan Dayak yang dilaksanakan sejak 3-6 Juni di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (istimewa)

Pontiana, Landak News – Kongres Internasiol I Kebudayaan Dayak yang dilaksanakan sejak 3-6 Juni di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, sukses digelar dan diikuti dengan antusias oleh masyarakat dan tamu undangan.

“Kongres yang dilaksanakan di Bengkayang ini mencatat sejarah dan mengulang peristiwa 1894 di Tumbang Anoi, Kalteng. Ini sejarah membangun manusia dayak yang berbudaya dan meningkatkan daya saing,” ujar Ketua Panitia, Bambang Bider saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menyebutkan dalam kongres tersebut dihadiri 237 peserta dari kalangan akademis, budayawan, Dewan Adat Dayak (DAD), Forum Timanggong dan tamu dari luar negeri.

Baca juga  Naluri Keibuan, Karolin Berikan Perhatian Kesehatan Anak-anak Pedalaman

“Tamu luar negeri yang datang dalam rangkaian kegiatan kita tersebut yakni sebanyak 44 orang dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Amerika Serikat,” kata dia.

Dalam kegiatan seminar di kongres dikatakannya ada sebanyak 44 makalah yang dihadirkan dan masuk dalam beberapa kategori. Kategori tersebut meliputi bahasa, organisasi sosial, ekomoni, agama dan lainnya.

“Selain kongres ada rangkaian Gawai Sowa di Jagoi Babang. Pada kesempatan itu dihadiri Miss World Malaysia 2014, Dewi Liana Seriestha,” jelasnya.

Dari kongres tersebut paparnya menghasilkan hasil berupa penguatan kelembagaan sebagai keberlanjutan dan destinasi ide.

Baca juga  Gabungan Organisasi Penyandang Disabilitas Siap Memenangkan Karolin-Gidot

“Kita akan dekumentasikan ide yang dituangkan dalam makalah dan dicetak serta dipublikasikan untuk bisa dilihat oleh masyarakat. Selanjutnya kita sudah merencanakan kongres kedua,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot saat menutup kongres menyampaikan selamat dam sukses atas terselenggaranya kongres yang bersejarah bagi Dayak tersebut.

“Kongres adalah peristiwa besar dan sebagai tuan rumah kita bangga. Dengan kongres diharapkan dapat berjalan bersama dan menjaga semangat kekeluargaan serta saling menghormati,” katanya berharap. (Ant)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Kejar Target, Penyuluh Jangan Gagap Teknologi

Kalbar

Gubernur Cornelis Kunjungi Kesulthanan Sambas

Kalbar

Tokoh Madura Kubu Raya Siap Menangkan Karolin-Gidot

Kalbar

Gantung Diri, Junaidi Tewas Ditempat

Kalbar

Warga Sintang Sambut Antusias Baksos Baguna Dan Relawan Karolin-Gidot

Kalbar

Masyarakat Putussibau Utara Deklarasi Dukung Karolin-Gidot

Kalbar

Ultah Tai Pak Khung ke 132 Tahun Sanggau Meriah

Kalbar

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 320/BP, Ciptakan Lingkungan Asri, Bersih dan Sehat
error: Content is protected !!