Home / Nasional

Sabtu, 10 Juni 2017 - 22:30 WIB

Jaga Pulau Terdepan, TNI Bangun Dermaga Kapal Selam di Lanal Palu

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Foto/SINDOphoto

Jakarta, Landak News – TNI terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana pertahanan laut di wilayah terdepan Indonesia. Pembangunan sarana pertahanan dilakukan berdasarkan perkembangan situasi strategis terkini.

Baru-baru ini, TNI membangun sebuah dermaga sionban kapal selam di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Selain strategis, lokasi ini dipilih karena memiliki kontur alam yang cocok dijadikan pangkalan kapal selam.

“Pangkalan selam sangat diperlukan dalam situasi sekarang ini,” ujar Gatot melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (10/6/2017).

Baca juga  Organisasi Jurnalis “JOIN” Siap Kibarkan Sayap Di Setiap Daerah

Gatot mengatakan, selama ini dermaga kapal selam hanya terdapat di markas Komando Armada Timur di Surabaya. Pembangunan dermaga kapal selam di Lanal Palu menjadi sangat strategis karena operasional kapal selam ke wilayah timur Indonesia bisa langsung dilakukan tanpa harus kembali ke Surabaya.

“Makanya ini sangat strategis,” kata Gatot.

Ada sejumlah kendala yang dihadapi TNI dalam proses pembangunan dermaga kapal selam di Lanal Palu ini. Di antaranya keterbatasan anggaran pengadaan materi pendukung seperti mekanik dan elektrik hingga dermaga bisa beroperasi 100%.

Sementara ini, kata Gatot, pihaknya fokus membangun dermaga. Sarana pendukung lainnya akan dipenuhi pada tahun anggaran berikutnya.

Baca juga  Snack Video Luncurkan Program Terbaru, Universal Live Week 

Dia menambahkan, pembangunan dermaga kapal selam di Lanal Palu merupakan satu rangkaian dari rencana strategis TNI membangun pulau-pulau terdepan Indonesia. Di antaranya Pulau Natuna, Morotai, Biak hingga Saumlaki. Ibarat kapal induk, pulau-pulau terdepan ini akan menjadi pusat berkumpulnya armada perang penjaga kedaulatan NKRI.

“Semuanya secara bertahap dibangun, tidak bisa serentak sesuai kondisi ekonomi,” kata Gatot. (Snd)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pancasila Bisa Menjadi Kunci Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Nasional

Habib Rizieq Ajukan Perpanjangan Visa Arab Saudi

Nasional

Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-70, Tertujunya Mata Dunia Pada Isu Iklim dan Air

Nasional

Kasus Covid Diprediksi Naik Sampai Akhir 2022

Internasional

Atasi Isis, Meliter Tiga Negara Bentuk Operasi Indomalphi

Nasional

Nakes Mohon Pilkada Serentak Ditunda ke Jokowi

Nasional

Instruksi Dirjen Pajak

Nasional

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia
error: Content is protected !!