Home / Olahraga

Sabtu, 10 Juni 2017 - 13:33 WIB

Statistik MotoGP Katalonia Sepanjang Masa

Kemenangan di MotoGP Katalonia pada tahun lalu menjadi podium tertinggi terakhir yang pernah dipijak Valentino Rossi hingga saat ini. (AFP PHOTO / Vincenzo PINTO)

Jakarta, Landak News – Kawasan Katalonia di Spanyol telah menjadi tuan rumah MotoGP sejak 1992 silam. Sejak saat itu pebalap-pebalap tuan rumah paling banyak sukses di sirkuit dengan panjang lintasan 4,7 kilometer tersebut.

Meskipun begitu, pebalap yang paling banyak menjadi juara di sana adalah sosok veteran asal Italia, Valentino Rossi. Pebalap 38 tahun itu tercatat sudah 10 kali jadi juara berbagai kelas balap motor di sana, termasuk MotoGP 2016.

Termasuk grand prix tahun lalu, Rossi sudah tujuh kali menjadi juara GP Katalonia di kelas primer. Sisanya, dua kali di kelas 250cc dan sekali di kelas 125 cc.

Baca juga  Karolin: KONI Dituntut Dapat Melaksanakan Tugasnya Dengan Baik

Dan, berikut beberapa statistik lain dari gelaran MotoGP Katalonia sepanjang masa yang dihimpun dari situs resmi MotoGP:

– Di antara seluruh seri GP tahun ini, Katalonia termasuk salah satu dari empat sirkuit yang paling lama menggelar grand prix MotoGP secara beruntun. Tiga sirkuit lagi ada di Jerez, Mugello, dan Assen.

– Di era MotoGP, Yamaha menjadi yang paling sukses dengan enam kemenangan di Katalonia, termasuk dalam dua musim terakhir. Sementara itu Honda empat kali, dan Ducati dua kali. Namun, Ducati tak pernah merasakan lagi podium di sana sejak Casey Stoner yang finis ketiga pada 2010. Sementara bagi Suzuki, kemenangan terakhir mereka di Katalonia adalah pada kelas 500cc bersama Kenny Roberts Jr pada 2000.

Baca juga  Preview Juventus vs Real Madrid: Wajah Baru Si Nyonya Tua

– Dalam sepuluh tahun terakhir, pebalap pole di MotoGP Katalonia tak pernah keluar sebagai juara. Juara yang berasal dari pole position adalah Valentino Rossi pada 2006.

– Tahun lalu, Maverick Vinales yang finis keempat di Katalonia bersama tim Suzuki Ecstar berhasil mencetak waktu satu putaran tercepat saat balap.

– Kemenangan Valentino Rossi di Katalonia pada tahun lalu adalah kemenangan terakhir dirinya di MotoGP. Sejak saat itu, Rossi tak pernah lagi berdiri di podium tertinggi. (cnni)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Siapa Lebih Dulu Bosan: Real Madrid atau Zidane?

Olahraga

Preview Timnas Indonesia U-19 vs Taiwan U-19: Garuda Jangan Lengah

Olahraga

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana di Kamboja Hari Ini

Olahraga

Kalah dari Mallorca, Madrid Tak Lagi Pimpin Liga Spanyol

Olahraga

Hitungan Rinci Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal

Olahraga

Gairah di Laga Derby Madrid ke-270

Olahraga

PSG Juara, Pochettino Kegirangan Rebut Gelar Pertama

Olahraga

Ketua KOI dan Irwasum Jajal Rute Pontianak-Mempawah
error: Content is protected !!