Home / Pemda Landak

Sabtu, 24 Juni 2017 - 08:37 WIB

Jelang Pilkada Gubernur, Dukcapil Landak Update Data Kependudukan

Kepala Disdukcapil Kabupaten Landak Yohanes Meter. (Foto: One)

NGABANG, LANDAK NEWS – Dalam rangka persiapan Pemilihan Gubernur Kalbar Tahun 2018 mendatang. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Landak akan melakukan perbaikan data kependudukan.

“Ini pengalaman kita saat Pilkada Landak tahun lalu. Kelemahannya terus kita perbaiki,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Landak Yohanes Meter, kepada media ini beberpa waktu lalu di ruang kerjanya.

Dikatakan mantan Camat Sengah Temila ini, berdasarkan pengalaman Pilkada Landak kemarin, ada persoalan tentang data kependudukan dari beberapa kelemahan yang ada. “Setiap hari kita perbaiki yang tidak mendapat KK kita kejar supaya dia dapat KK, ” aku Yohanes Meter.

Baca juga  Sambut Hari Raya Natal, Polsek Menjalin Tingkatkan Patroli Dialogis dan Pengaman Obyek Vital

Ada persoalan sekarang, lanjut Yohanes Meter, sudah lama tinggal di Kabupaten Landak tapi tidak punya domumen syah kependudukan contonya KK. “Nah, untuk membuktikan kita orang asli Landak, dia harus wajib punya KK, dan itu buktinya. Tidak lagi punya bukti surat domisili dari mana?. Bukti domisili hanya KK,” tegas Yohanes Meter.

Sekarang, jika ada kepala desa memberikan surat domisili keabsyahannya menyatakan penduduk Kabupaten Landak beranikah dia, tanya Yohanes Meter.

Bedanya di Dukcapil Landak, jika sudah masuk Database, dipergunakan untuk Pilkada Landak beberapa waktu lalu mengunakan Database Disdukcapil Kabupaten Landak.

Demikian juga saat nanti menghadapi proses Pilkada Gubernur Kalbar tahun 2018 mendatang.

Baca juga  BPC HIPMI Kabupaten Landak Gelar Muscab Ke III, 3 Kandidat Bakal Bertarung

“Saya mempersiapakan data, maka saya rekam terus. Yang mau pindah datang rekam terus melalui sistem data base, dan ini berjalan terus untuk meng up date data kependudukan. Pada akhirnya nanti dipergunakan KPU D4nya dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri atas dasar server kita,” jelas Yohanes Meter.

Yohanes Meter menambahkan, data D4 ini untuk data coklit data penduduk dilapangan. “Kita berharap kepada KPU mengunakan data kita. Jangan mengunakan data orang lain, data orang lain tidak palit. Data kita sudah banyak pembandingnya,” katanya. (Iwan)

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Bupati Landak Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Mahasiswa

Pemda Landak

Pemkab Landak Sosialisasikan PP Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Yang Baru

Pemda Landak

Pemda Landak Dapat Penghargaan Dari Kemenku RI

Pemda Landak

Kapolres Ikut Rolling Dalam Kota, Bersama All Bikers Landak

Pemda Landak

Kabupaten Landak Raih 13 Medali Emas

Pemda Landak

Bupati Landak Buka Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Sebagai Pondasi Bangsa dan Negara

Pemda Landak

Jelang Pilkades Serentak Pemkab Landak Adakan Rapat Koordinasi

Pemda Landak

Rajin Cuci Tangan, Hal Sederhana Yang Selalu Dikampanyekan Bupati Landak
error: Content is protected !!