Home / Kalbar

Senin, 26 Juni 2017 - 15:35 WIB

Idul Fitri 2017, Gubernur Cornelis Silaturahmi Dengan Naik Bis

Gubernur Kalbar Cornelis silaturahmi Idul Fitri 1438 H ke Rumah Dinas Forkopinda Kalbar, Kepala SKPD Kalbar, Walikota Pontianak dan Ketua DPRD Kota Pontianak. Minggu (25/6).

PONTIANAK, LANDAK MEWS – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, dalam silaturahmi Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu (25/6), mengunjungi Rumah-Rumah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menggunakan Bis milik Pemerintah Provinsi Kalbar.
Ini menurutnya untuk efektifitas dan memudahkan dalam berkunjung karena Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD) Pemprov Kalbar juga turut serta masing-masing bersama Istri.
Gubernur Cornelis dan Wakil Gubernur Christiandy Sanjaya didampingi istri masing-masing.
Kunjungan dimulai dari Rumah Dinas Kapolda Kalbar Irjen Pol. Erwin, di situ Gubernur juga silaturahmi dengan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa beserta Istri.
Kemudian menuju Rumah Dinas Sekda Kalbar.
Silaturahmi dilanjutkan ke Rumah Direktur Bank Kalbar Syamsir Ismail yang juga melaksanakan Open House.
Dari Situ Rombongan Gubernur yang menggunakan dua Bis plat merah menuju Rumah Kepala Dinas Peternakan dan Kehewanan Abdul Manaf Mustafa dan Pensiunan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura Hazairin yang letaknya tidak jauh.
Perjalanan kemudian menuju Rumah Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin dan kembali dari situ orang nomor satu di Kalbar itu menuju Rumah Walikota Pontianak H. Sutarmidji untuk silaturahmi. Dan terakhir di Rumah Kepala Kantor Kementerian Agama Kalbar di Sungai Raya Dalam.

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, pada kesempatan itu mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin. “Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” katanya.

Baca juga  Karnaval Tenun Songket di Sambas

Pada pembukaan malam takbiran di Istana Rakyat Kalimantan Barat malam sebelumnya, Mantan Bupati Landak itu memberikan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada masyarakat Kalimantan Barat, departemen agama bersama TNI Polri yang sudah menjaga Kalbar sehingga umat Islam di Kalbar bisa menjalankan ibadah puasanya dengan nyaman, aman dan tenteram.

“Oleh karena itu toleransi, saling menghormati dan menghargai harus tetap kita pelihara dan jaga bersama,” pesannya. Cornelis, mengungkapkan tidak bisa hanya mengharapkan pemerintah karena jumlahnya sedikit. “Rakyat yang paling banyak,” tegasnya.

Cornelis menerima Zakat dari Ketua Baznas Provinsi Kalbar Didi Imam Wahyudi, yang merupakan hasil kumpulan Zakat dan Fitrah sebesar Rp. 91.750.000,-, yang kemudian diserahkan ke 367 kepala keluarga, masing-masing 120 kepala keluarga di Sambas, 120 kepala keluarga di Landak dan 127 kepala keluarga di Sekadau. Gubernur Cornelis juga menyerahkan Bantuan kepada Panti Asuhan, Panti Asuhan Nurul Iman, Panti Asuhan Al Amin, Pondok Pesantren Adya Ulami dan Panti Asuhan Nurul Amal.

Pada kesempatan itu Gubernur Kalbar Cornelis berpesan agar masyarakat di Kalbar tersebut menjaga persatuan dan kesatuan. Terlebih di tengah isu perpecahan yang mengancam keharmonisan hidup umat beragama di Indonesia.

“Nah oleh karena itu, melalui tokoh-tokoh masyarakat tokoh agama, saya mohon dengan segala kerendahan hati, supaya kita saling mengingatkan anak-anak kita. Sehingga mereka tidak terpengaruh oleh provokasi di media sosial yang bisa mencuci otak,” katanya.

Baca juga  Panitia CGM Hadirkan Jembatan Kaca di Singkawang

Selama satu bulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa, sejauh ini tidak ada kendala yang menghambat kegiatan ibadah. Hal itu lanjut Cornelis, dikarenakan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, aparat keamanan dan masyarakat.

Untuk umat muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah, diharapkan agar dirayakan sederhana.

“Rayakan saja Idul Fitri dengan sederhana namun tetap penuh makna,”pintanya.

Mengingat tahun ini adalah lebaran terakhirnya menjabat sebagai Gubernur Kalbar, Cornelis yang hadir pada perayaan malam takbir bersama Wakil Gubernur Christiandi Sandjaya, juga berpamitan kepada masyarakat Kalbar.

“Ini adalah tahun terakhir saya dan Pak Wagub menghadiri acara takbiran. Karena tahun 2018, mungkin sudah Penjabat Gubernur yang hadir di sini. Saya atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah memohon maaf yang sedalam-dalamnya, apabila selama menjabat banyak kesalahan yang dilakukan,”pungkas Cornelis.

Malam takbir menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah, diakhiri dengan pemukulan bedug, penyulutan meriam karbit dan kembang api oleh Gubernur Kalbar didampingi Forkopimda Provinsi Kalbar. (r)

Share :

Baca Juga

Kalbar

295 Prajurit Infanteri TNI AD Ikuti Pembaretan Di Pantai Kura-Kura Singkawang

Kalbar

Kapten Rudianto: Prajurit TNI Sosialisasi UU Lalulintas dan Angkutan Serta UU Peradilan Militer

Kalbar

Danrem 121 ABW Bambang Tinjau Pos TNI di Perbatasan

Kalbar

Meriahkan HUT RI ke 72, Pemda Sanggau Gelar Lomba Lagu Mars Kota Sanggau

Kalbar

Panglima Kodam XII/Tpr Pimpin Ziarah Rombongan di TMP Dharma Patria Jaya

Kalbar

PAUD dan PKBM Terima Bantuan Operasional

Kalbar

Bersilahturahmi, RAPI Mempawah Gelar Halal Bihalal

Kalbar

Karolin Ajak Masyarakat Kalbar Implementasikan Nilai Luhur Pancasila
error: Content is protected !!