Home / Kalbar

Rabu, 28 Juni 2017 - 11:24 WIB

1.555 Warga Binaan Kalbar Dapat Remisi Lebaran

ilustrasi Lapas (int)

PONTIANAK, LANDAK NEWS – Sebanyak 1.555 warga binaan yang ada di 12 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Kalbar mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk seluruh Kalimantan Barat, ada 1.555 warga binaan yang ada di 12 Lapas yang mendapatkan remisi khusus I dan II untuk Lebaran tahun ini,” kata Kasubag Humas Kementerian Hukum Dan Ham Kantor Wilayah Kalimantan Barat, Ardian Setiawan di Pontianak.

Dia menjelaskan, seperti yang telah diatur dalam UU dan ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999,dimana Remisi atau pengurangan masa tahanan yang diberikan pada setiap Hari Raya Keagamaan dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga  Ini Rangkaian Kegiatan Pelantikan Gubernur - Wagub Delapan Provinsi

Menurut Pasal 34 Peraturan Pemerintah No. 99 Tahun 1999 tersebut, katanya, setiap narapidana dan anak pidana berhak mendapatkan remisi.

Remisi sebagaimana dimaksud dapat diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah memenuhi syarat diantaranya berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari 6 (enam) bulan.

Remisi tersebut langsung diserahkan kepada Kepala Lapas dan Kepala Rutan Se Kalimantan Barat, pada hari Raya Idul Fitri Tahun 2017, pagi tadi, setelah pelaksaan Shalat Ied.

Baca juga  Pemda Sanggau Salurkan Sapi Qurban

“Dari 1.555 warga binaan yang mendapatkan remisi itu, ada 13 orang yang akan menerima Remisi Khusus II atau langsung bebas pada hari itu juga,” katanya.

Ardian menjelaskan, jumlah penghuni Lapas dan Rutan se-Kalimantan Barat saat ini sebanyak 4.537 orang dan yang terbanyak menerima remisi I dan II ada di Lapas Kelas Dua A Pontianak, yakni berjumlah 552 orang, dan terbanyak kedua di Lapas Kelas 2 B Sintang sebanyak 172 orang. (Ant)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Karolin-Gidot Jamin Lapangan Pekerjaan dan Infrastruktur bagi Masyarakat Kalbar

Kalbar

Muderus: Jabat Pembina Sanggar Hibutn Tamputn Tabai Pusat Damai

Kalbar

Leysandri: Indonesia Kerja Bersama

Kalbar

Cornelis Buka Seminar Internasional Visit West kalimantan 2017

Kalbar

Sutarmidji Ingatkan Masyarakat Tidak ke Malaysia

Kalbar

14,6 Kg Sabu Asal Malaysia Digagalkan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri 642/Kapuas

Kalbar

65 Kepala Daerah Tidak Serius Menangani COVID-19, Cornelis : Mereka Tidak Memikirkan Rakyatnya

Kalbar

Karolin Siap Lahir Batin Abdikan Diri Untuk Wujudkan Kakbar Hebat
error: Content is protected !!