Home / Nasional

Kamis, 29 Juni 2017 - 06:44 WIB

Kominfo Imbau Masyarakat Waspadai Ancaman Virus Petya

JAKARTA, LANDAK NEWS – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk mewaspadai serta berupaya melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman virus ransomware Petya. Diketahui, saat ini, perusahaan-perusahaan global tengah digempur serangan cyber.

Keterangan pers tertulis Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diterima di Jakarta, Kamis (29/6), menyebutkan cara bekerja virus Petya ini mirip dengan ransomware WannaCry yang menyerang pada 13 Mei 2017 lalu.

Kominfo meminta masyarakat yang memiliki komputer untuk melakukan antisipasi serangan Petya, dengan melakukan backup data, sebelum mengaktifkan komputer.

Baca juga  Tim Program Perbaikan Varietas Padi Lokal Palawakng  Kabupaten Landak Studi Banding di Solok

Kepada pengelola teknologi informasi di berbagai institusi, Kominfo meminta agar pengelola menonaktifkan atau mencabut jaringan lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman.

Selain itu, pengelola juga diminta untuk melakukan backup data ke tempat penyimpanan (storage) yang terpisah.

Apabila hal tersebut telah dilakukan, biasakan untuk melakukan backup data, menggunakan system operasi yang orisinal, mengunduh antivirus dan menggunakan kata sandi yang aman.

Kominfo menegaskan kepada penyedia layanan publik, masyarakat dan khususnya pihak yang menunjang layanan mudik lebaran 2017 agar terus menjaga kewaspadaan sistem elektronik dari walware.

Baca juga  Wali Kota Palangkaraya Positif Terinfeksi Corona Tanpa Gejala

Secara keseluruhan, Kominfo memastikan akan terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus Petya ini di Indonesia.

Notifikasi telah dilakukan oleh ID-SIRTII (organisasi yang diampu oleh Kementerian Kominfo yang antara lain untuk menangani insiden seperti serangan siber) kepada para mitra yang bekerja sama.

Para mitra tersebut, antara lain penyelenggara jasa akses Internet, penyelenggara NAP, dan juga kepada Kementerian/Lembaga. (cnni)

Share :

Baca Juga

Nasional

Jokowi Belum Cari Pengganti Dua Stafsus Yang Mundur

Nasional

Jokowi Minta Menteri Kabinet Indonesia Maju Tidak Korupsi

Nasional

Dosen IPB University Ciptakan Baju Antipeluru Dari Tandan Kosong Sawit

Nasional

Kuasa Hukum Sebut 14 ABK Kapal China Tak Terima Gaji Utuh

Nasional

Menag: Tindakan Teroris Tanda Tidak Pegang Nilai Agama

Nasional

Syeikh Ali Jaber ditikam saat Tabligh di Masjid Falahudin

Nasional

Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa bagi 71 Tokoh

Nasional

Ketua MPR: IWO Mampu Menjembatani Informasi dari Pusat ke Daerah Dengan Baik
error: Content is protected !!