Home / Nasional

Selasa, 4 Juli 2017 - 22:19 WIB

Butuh 3 Tahun Persiapkan Kalimantan Jadi Ibu Kota RI

JAKARTA, LANDAK NEWS – Pemerintah membutuhkan waktu 3 tahun sampai 4 tahun untuk membangun berbagai infrastruktur dasar, termasuk gedung pemerintahan di Kalimantan sebagai Ibu Kota Indonesia yang baru.

“Mungkin butuh 3-4 tahun untuk menyelesaikan seluruh infrastruktur dasar, maupun membangun gedung-gedung pemerintahan,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di kantornya, Jakarta, seperti ditulis Selasa (4/7/2017).

Upaya mewujudkan pemindahan ibu kota ini, Bappenas bekerja sama dengan kementerian terkait. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditunjuk sebagai lead proyek besar tersebut.

Baca juga  Waduh, Kasus Positif dan Kematian Covid-19 Naik Sepekan Terakhir

Karena Bambang berharap, pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan bisa terealisasi paling cepat 2018. “Mudah-mudahan 2018-2019 sudah mulai ada kegiatan terkait pemindahan pusat administrasi Ibu Kota,” ucap Mantan Menteri Keuangan itu.

Bappenas menargetkan kajiannya selesai pada 2017. Kajian tersebut, meliputi, penentuan lokasi, estimasi dan skema pendanaan, serta tata kotanya.

“Tadi dibahas dengan Presiden. Intinya kita akan mulai segala proses. Mudah-mudahan kajiannya selesai tahun ini karena ibu kota pastinya di luar Jawa. Kemungkinan besar di Pulau Kalimantan, tapi spesifiknya di mana, itu yang akan di finalkan,” Bambang menerangkan.

Baca juga  Wali Kota Palangkaraya Positif Terinfeksi Corona Tanpa Gejala

Bambang mengaku, pemerintah akan mendorong pendanaan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan dengan skema public private partnership (PPP). “Kita akan dorong model PPP. Jadi partisipasi swasta kita libatkan,” pungkas dia. (L6)

Share :

Baca Juga

Nasional

Syeikh Ali Jaber ditikam saat Tabligh di Masjid Falahudin

Nasional

Pelantikan Jokowi Disebut akan Dihadiri 17 Kepala Negara

Nasional

Update Bom Surabaya, Jumlah Korban Tewas 13 Orang

Nasional

KPK Tetapkan Bupati Kebumen Tersangka Dugaan Suap Proyek Pendidikan

Nasional

Waspada Potensi Hujan Lebat (27 April-3 Mei 2020)

Nasional

Pimpinan Sidang Pleno MUNAS 5 BYONIC,  Heri Irawan Wakili Kalimantan

Nasional

Teror Terhadap Polisi Terulang, 2 Anggota Brimob Ditusuk OTK di Lingkungan Mabes Polri

Nasional

Kementerian Sosial Gerak Cepat Tangani Gempa Donggala
error: Content is protected !!