Home / Pemda Landak

Selasa, 18 Juli 2017 - 07:07 WIB

Bupati Minta Semua Pihak Berpartisipasi Mendorong Desa Untuk Membentuk BUMDes

Bupati Landak Karolin, didampinggi Wakil Bupati Herculanus Heriadi, saat menerima Pendapat Akhir (PA) Fraksi-Fraksi Badan Legislatif Daerah (BanLegDa) DPRD Kabupaten Landak terhadap 3 Raperda Prakarsa DPRD Kabupaten Landak tahun 2017 di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Kabupaten Landak, Senin 17 Juli 2017. (Foto: One)

NGABANG, LANDAK NEWS – Bupati dan Wakil Bupati Landak, Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi, hadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir (PA) Fraksi-Fraksi Badan Legislatif Daerah (BanLegDa) DPRD Kabupaten Landak terhadap 3 Raperda Prakarsa DPRD Kabupaten Landak tahun 2017 di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Kabupaten Landak, Senin 17 Juli 2017.

Raperda yang disampaikan adalah tentang Badan Usaha Milik Desa, Perubahan atas Perda No.16 tahun 2008 tentang sistem pendidikan di daerah, dan hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Landak. Dalam hal ini, beberapa poin yang mendapat pehatian penting dari orang nomor satu di Kabupaten Landak itu adalah tentang pemberdayaan masyarakat desa melalui BUMDes dan masuknya Pendidikan Pancasila sebagai materi pada lembaga pendidikan di Kabupaten Landak.

Baca juga  Pemkab Landak Gelar Bimtek Penyusunan APBDes 2021

Terkait BUMDes, Dokter lulusan Unika Atma Jaya itu mengingatkan kembali tentang tantangan dalam membangun BUMDes.

Didalam dana desa itu terkandung upaya pemberdayaan masyarakat desa dan salah satu upaya dalam pemberdayaan masyarakat desa itu melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Mendorong pembinaan BUMDes itu sendiri memiliki tantangan tersendiri bagi kita. Tidak semua orang memiliki bakat dalam berbisnis, tidak semua memiliki bakat dan kemampuan untuk berusaha.

Mantan anggota DPR RI itu juga meminta semua pihak untuk berpartisipasi mendorong desa untuk membentuk BUMDes yang inovatif dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di desa.

Adanya peluang dari dana desa tidak membuat kita menyerah dengan situasi. Kita harus dorong desa kita untuk mampu mendorong desa untuk melaksanakan usaha yang menghasilkan sehingga mereka mampu menggerakkan roda ekonomi didesanya masing-masing. Saya mengajak kita semua yang hadir disini turut berpartisipasi mendorong BUMDes yang inovatif dan memakmurkan kehidupan masyarakat kita di desa.

Baca juga  Polisi Sahabat Anak, Ini yang dilakukan Kapolres Landak

Wanita kelahiran Mempawah 35 tahun silam ini mengapresiasi kesepakatan yang terjalin antara pihak eksekutif dan legislatif untuk memasukan Pendidikan Pancasila sebagai salah satu materi pelajaran sekolah di Kabupaten Landak.

“Saya mengapresiasi bahwa Pemerintah Kabupaten Landak dan DPRD Kabupaten Landak telah memasukan Pendidikan Pancasila sebagai salah satu unsur penting yang harus ada didalam dunia pendidikan kita di Republik Indonesia. Mengingat situasi bangsa kita yang sedang mengalami cobaan dan kita tentu berharap agar Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika tetap menjadi pedoman seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu kita sama-sama sepakat bahwa Pancasila merupakan unsur pendidikan yang penting dan harus kita masukkan sebagai materi di lembaga pendidikan kita di Kabupaten Landak,” ungkapnya. (One)

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Peta Luasan Daerah Irigasi Jadi Panduan Penyusunan Program Kebijakan Ketahanan Pangan di Kabupaten Landak

Pemda Landak

Demi Kebersamaan, Pemuda Masjid di Landak Bantu Parkir di Gereja

Pemda Landak

Listrik Masuk Desa Engkadu, Bentuk Keseriusan Bupati Landak Dorong PLN

Pemda Landak

Bupati Landak Lakukan Peletakan Pertama Program Satu Juta Rumah

Pemda Landak

Bupati Landak Sampaikan LKPJ 2019 Secara Virtual Kepada DPRD

Pemda Landak

PLN Kalbar Sosialisasi Tentang Pembangunan PLTM di Kecamatan Air Besar

Pemda Landak

Jelang Natal, Satlantas Polres Landak Cek Kelayakan Bus Umum dan Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Pemda Landak

Bupati Landak Dukung Bawaslu Lakukan Pengawasan Partisipatif Melalui Kearifan Lokal
error: Content is protected !!