Home / Pemda Landak

Selasa, 18 Juli 2017 - 13:52 WIB

Bupati: Wawasan Kebangsaan Penting Ditanamkan Setiap Warga Negara

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa foto bersama dengan peserta  kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan tema “Membangun Karakter Genarasi Muda Yang Berwawasan Lingkungan,”. Selasa (18/07/17), di Dangau Landak Ngabang. (Foto: One)

NGABANG,  LANDAK NEWS – Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa, Selasa (18/07/17) membuka Sosialisasi Wawasaan Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, di Dangau Landak.

Hadir Kepala Bidang Nilai-Nilai Kebangsaan Provinsi Kalbar Toni Sunardi, pelajar SMA/MAN/sederajat, Mahasiwa STKIP Pamane Talino.

Nara sumber dari Polres Landak: Kasat Bimas AKP. Pahlawan Rangkuty,  BIN: Agus K,  Kodim 1201/Mempawah: Dandim 1201/Mpw Letkol Inf. Winindar, Badan Kesbangpolinmas Provinsi Kalbar:  Toni Sunardi.

Bupati Landak Karolin mengatakan wawan kebangsaan  penting ditanamkan pada setiap warga negara sebagai proses pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah air dalam memelihara kesinambungan kehiduapan bangsa dan terpeliharaanya NKRI.

Mantan anggota DPR RI  ini menegaskan bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku-suku, bangsa, agama dan adat istiadat. “Pemahaman  nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak terutama bagi generasi  muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi, ” katanya.

Ibu dua anak ini juga menyatakan, penerapan konsep wawasan kebangsaan yang baik, dapat membentuk manusia Indonesia, seutuhnya, serta menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa. “Seseorang yang mewakili  pemahaman wawasan kebangsaan yang kuat , akan mempunyai  semangat cinta tanah air. Sebaliknya, jika kehilangan wawasan tentang makna hakikat bangsa dan kebangsaan, akan mendorong  terjadinya disintegrasi bangsa,” jelasnya.

Baca juga  Yang Kesebelas Kalinya, Saroha Landak Berikan Santunan Anak Yatim

Wanita kelahiran di Mempawah 35 tahun silam ini berharap kehidupan bangsa ke depan menjadi lebih baik.lagi. Apalagi  era globalisasi dewasa ini, yang menuntut  bangsa yang maju dan memilili daya saing. “Kepada para siswa dan generasi muda  peserta sosialisasi wawasan kebangsaan di tengah masyarakat   ditengah masyarakat terutama generasi muda,” harapnya.

Bupati menambahkan, persoalan kebangsaan menuntut perhatian  bersama. Persoalan itu tidak hanya masalah moralitas  yang kian memprihatinkan , namun juga persoalan radikalisme, terorisme, aliran sesat, dan  lainnya.
” Berbagi ancaman itu perlu kita waspadai bersama termasuk ancaman penyalahgunaan Narkoba yang kini sudah menjadi bencana nasional temasuk tindak kriminal lainnya. Untuk itu kita berharap ke depan Kesbangpol di daerah bisa membuat program serupa  yang lebih operasional dengan lingkungan lebih luas, ” imbuhnya.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalbar  Hatta, S.Pd, MM,  diwakili Kepala Bidang Nilai-Nilai Kebangsaan Provinsi Kalbar Drs. Toni Sunardi,  M.Si, mengatakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan merupakan kegiatan  yang bertujuan untuk menumbuhkembangkaan  kesadaran cinta tanah air untuk memperkuat pertahanan dan ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga  Selesai Pimpin Ibadah Ini Yang Disampaikan Pastor Kepada Kapolsek

“Kondisi kekuatan pertahanan Negara saat ini nampaknya belum memadai untuk mengamankan luas negara kesatuan RI yang terbentang dari Sabang sampai Marauke, ” kata Toni Sunardi.

Toni Sunardi juga menyampaikan maksud kegiatan ini  yaitu menyatukan visi dan misi serta kerangka pikir, tentang pentingnya Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, bagi setiap warga Negara yang  bertujuan Keutuhan NKRI dikalangan pelajar, mahasiswa, pramuka dan pemuda.

Kemudian memberikan pemahaman tentang arti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dalam bergaul  di masyarakat khususnya pelajar, mahasiswa, pramuka dan pemuda baik disekolah maupun dilingkungan sekitar  sesuai dengan tugas  pokok dan fungsinya sebagai warga Negara Indonesia.

Toni Sunardi mengatakan tujuan kegiatan ini mewujudkan segenap komponen anak bangsa dalam mendukung sistim ketahanan Nasional, yang meliputi aspek pertahanan Negara melalui pemberdayaan masyarakat sebagai kekuatan rakyat. Selanjutnya menumbuhkembangkan  semangat kebersamaan dalam perwujudan semangat cinta tanah air, dikehidupan masyarakat bagi pelajar, mahasiswa , pramuka dan pemuda.

Sementara itu jumlah yang diundang pada kegiatan ini  120 orang, bersama pendamping guru. Terdiri dari pelajar SMA, MAN, dan STKIP Pamane Talino dan guru. (hi74)

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Bupati Landak Protes PLN Tangguhkan Pemasangan Listrik Subsidi

Pemda Landak

PHBI Landak Ajak Meriahkan Pawai Takbiran Idul Fitri 1438 H

Pemda Landak

Detik-Detik HUT RI Ke-72 di Ngabang

Pemda Landak

Presiden Serahkan Sertifikat Secara Nasional, Bupati Karolin: Gunakan Untuk Permodalan Usaha

Pemda Landak

Bupati Landak : Puskesmas Semata Siap Ikuti Survei Akreditasi

Pemda Landak

Sekda Himbau ASN Landak Ikut Apel Awal Tahun 2018

Pemda Landak

96 Siswa di SDN 03 Ngabang Mengikuti USBN Tahun 2019

Pemda Landak

Sepak Bola Porkab III Tahun 2017 di Mulai
error: Content is protected !!