Home / Kalbar

Jumat, 21 Juli 2017 - 21:49 WIB

TNI AL Selidiki Penangkapan Ikan Ilegal Di Karimata

PONTIANAK, LANDAK NEWS– TNI Angkatan Laut sedang menyelidiki terkait informasi penangkapan ikan secara ilegal yang kerap terjadi di perairan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara.

Komandan Pos Angkatan Laut Pulau Serutu, Letda Laut Supriyanto saat dihubungi di Sukadana, Jumat menuturkan, kawasan Perairan Karimata banyak terdapat karang-karang yang menjadi tempat tinggal ikan.

“Kita sedang menyelidiki siapa yang melakukan penangkapan ikan,jenis kapalnya juga masih kita telusuri, kalau sudah kita ketahui akan kita tindaklanjuti, karena tindakan ini sangat merusak alam yang ada di Karimata,” jelasnya.

Baca juga  Karolin Optimalkan e-Budgeting Untuk Cegah Korupsi

Namun diakuinya sampai saat ini belum menemukan kapal yang diduga melakukan penangkapan ikan dengan pengeboman atau jenis kegiatan terlarang lainnya.

Ia mengingatkan, penangkapan ikan dengan cara pengeboman, akan merusak ekosistem biota laut terutama didalam kawasan yang ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut di sekitar Kepulauan Karimata.

“Untuk masyarakat di Karimata sangat mendukung kegiatan kami, mereka juga sangat tidak setuju penangkapan ikan dengan cara di bom tersebut,” tuturnya.

Karena, lanjutnya, tindakan tersebut dapat mengurangi pendapatan mereka akibat kegiatan eksploitasi ikan secara besar-besaran dan tak terkendali.

Baca juga  Ingin Singkawang dan Kalbar Hebat, Tjhai Chui Mie Ajak Warga Pilih Karolin-Gidot

“Kita ketahui Karimata banyak terdapat ikan- ikan, sehingga banyak penangkap ikan dari berbagai daerah datang kesana, makanya sampai sekarang masih kita selidik,” katanya lagi.

Perairan Karimata dikenal sebagai wilayah yang kaya akan hasil laut sehingga kerap menjadi areal tangkapan nelayan dari berbagai daerah di Indonesia. (Ant)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Warga Pontianak Sebut Kriteria Cagub, Cuma Karolin-Gidot yang Antikorupsi

Kalbar

Karolin Berbagi Tips Agar Tetap Semangat Keliling Kalbar Di Masa Kampanye

Kalbar

Milton-Boyman Akan Perkuat Kesatuan dan Persatuan

Kalbar

Karolin Mantap Daftar Cagub Kalbar 2018, Jumat Pagi Verifikasi Dan Wawancara

Kalbar

Hari Pertama Porad Kodam XII/Tpr Sabet 2 Medali Emas dan 3 Perunggu

Kalbar

Warga Kubu Raya Nilai, Kerja Karolin Untuk Masyarakat Kalbar Sudah Terbukti

Kalbar

Gubernur  Janjikan Bonus Besar untuk Kafilah Kalbar

Kalbar

Sebanyak 51 Paket Sabu Siap Edar Dapat Digagalkan Oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 642/Kapuas
error: Content is protected !!