Home / Kalbar

Jumat, 21 Juli 2017 - 21:49 WIB

TNI AL Selidiki Penangkapan Ikan Ilegal Di Karimata

PONTIANAK, LANDAK NEWS– TNI Angkatan Laut sedang menyelidiki terkait informasi penangkapan ikan secara ilegal yang kerap terjadi di perairan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara.

Komandan Pos Angkatan Laut Pulau Serutu, Letda Laut Supriyanto saat dihubungi di Sukadana, Jumat menuturkan, kawasan Perairan Karimata banyak terdapat karang-karang yang menjadi tempat tinggal ikan.

“Kita sedang menyelidiki siapa yang melakukan penangkapan ikan,jenis kapalnya juga masih kita telusuri, kalau sudah kita ketahui akan kita tindaklanjuti, karena tindakan ini sangat merusak alam yang ada di Karimata,” jelasnya.

Baca juga  Cornelis Pamit ke Legislator

Namun diakuinya sampai saat ini belum menemukan kapal yang diduga melakukan penangkapan ikan dengan pengeboman atau jenis kegiatan terlarang lainnya.

Ia mengingatkan, penangkapan ikan dengan cara pengeboman, akan merusak ekosistem biota laut terutama didalam kawasan yang ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut di sekitar Kepulauan Karimata.

“Untuk masyarakat di Karimata sangat mendukung kegiatan kami, mereka juga sangat tidak setuju penangkapan ikan dengan cara di bom tersebut,” tuturnya.

Karena, lanjutnya, tindakan tersebut dapat mengurangi pendapatan mereka akibat kegiatan eksploitasi ikan secara besar-besaran dan tak terkendali.

Baca juga  8 Warga Binaan Rutan Sanggau Terima Remisi

“Kita ketahui Karimata banyak terdapat ikan- ikan, sehingga banyak penangkap ikan dari berbagai daerah datang kesana, makanya sampai sekarang masih kita selidik,” katanya lagi.

Perairan Karimata dikenal sebagai wilayah yang kaya akan hasil laut sehingga kerap menjadi areal tangkapan nelayan dari berbagai daerah di Indonesia. (Ant)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Bantuan Dari Pemerintah Masih Sangat Dibutuhkan Sekolah Swasta

Kalbar

Posko Pengaduan DPS Buka 24 Jam

Kalbar

Korban Kebakaran Pasar Bodok Terima Bantuan

Kalbar

Membakar Hutan Terancam Pidana

Kalbar

Kapolsek Mandor Hadiri Latihan Pra Operasi Bina Karuna Kapuas 2019 di Polres Landak

Kalbar

Sanggau Juara Umum Gawai Dayak Kalbar 2018

Kalbar

Panitia CGM Hadirkan Jembatan Kaca di Singkawang

Kalbar

Karolin Harapkan Dewan Adat Dayak Dan Pemerintah Kerjasama Mencari Solusi Atas Masalah Masyarakat
error: Content is protected !!