Home / Kalbar

Senin, 14 Agustus 2017 - 07:31 WIB

Kalbar Baru Miliki Tujuh Badan Narkotika

PONTIANAK, LANDAK NEWS – Provinsi Kalimantan Barat, hingga saat ini baru memiliki tujuh Badan narkotika dari 14 kabupaten/kota yang ada, kata Kepala BNN Provinsi Kalbar, Brigjen (Pol) Nasrullah.

“Tujuh daerah yang belum memiliki Badan Narkotika Kabupaten/kota tersebut, diantaranya Kabupaten Sambas, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Ketapang, Kayong Utara, dan Kabupaten Landak,” kata Nasrullah di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan, untuk pembentukan BNK yang sudah diajukan ke pusat, yaitu BNK Sambas dan Kapuas Hulu, karena memang pembentukan BNK ini tergantung kesiapan kepala daerah atau tergantung pada bupatinya.

Ia menambahkan, yang masih dalam proses pengajuan, yaitu Kabupaten Ketapang dan Melawi. Kepala daerah tersebut telah siap, namun kelengkapan untuk pembantu BNK seperti naskah akademik dan lain sebagainya masih belum tuntas.

Baca juga  Panglima Kodam XII/Tpr Bergoyang Tari Gemu Famire di Kalbar

“Nanti kalau sudah siap juga akan kami ajukan ke pusat, dan dari pusat nanti diajukan juga dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia ke Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi, mana yang lebih prioritas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Nasrullah juga tidak menampik pembentukan BNK di setiap kabupaten sangat penting, sebab sejauh ini petugas lembaga yang khusus memerangi kejahatan narkoba itu dinilai masih minim, terlebih semakin banyaknya kasus besar narkoba di Kalbar akhir-akhir ini.

“Kami berharap untuk awal-awal ini Sambas dan Kapuas Hulu bisa segera terbentuk, karena memang mutlak harus ada di setiap daerah,” katanya.

Baca juga  Remaja masjid ikut amankan Natal

Kalbar salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia Timur atau Sarawak, serta Laos dan India, sehingga menjadi “surga” peredaran jaringan narkotika internasional, dan ditambah lagi perbatasan darat yang cukup panjang dan laut terbentang luas, sehingga Kalbar rawan terjadi berbagai praktik ilegal.

Tidak mengherankan, kalau Kalbar termasuk daerah segi tiga emas peredaran narkoba internasional yang rawan dan menjadi sasaran peredaran narkotika lintas negara. (Ant)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Karolin Mendadak Imlek Ke Rumah Dendy, Sopirnya Yang Sedang Cuti

Kalbar

Istri Wako Pontianak Kini Negatif COVID-19

Kalbar

Tanam Jagung, Siapkan Lahan Tanpa Bakar

Kalbar

Apresiasi Kinerja Cornelis,  Warga Pontianak Kota Pilih Karolin-Gidot

Kalbar

Karolin Kenalkan Aplikasi Kado Kalbar Hebat

Kalbar

Karolin Ucap Selamat Jalan Kepada Jamaah Haji Landak

Kalbar

Petani Sawit Tuntut PT KGP Bertanggung Jawab

Kalbar

Pedagang yang Dulu Diusir dari Korem Sampaikan Aspirasi ke Karolin
error: Content is protected !!