Home / Pemda Landak

Senin, 14 Agustus 2017 - 20:59 WIB

Listrik Ngabang Padam, Ini Penyebabnya

Kepala PLN Rayong Ngabang Kristianus meninjau mesin PLTD Plasama, Senin (14/08/17). ( Foto: One)

NGABANG, LANDAK NEWS – Terjadinya pemadam lampu PLN baik secara bergilir maupun  tiba-tiba pada akhir-akhir ini. Menjadi pertanyaan besar pelanggan setia PLN Rayon Ngabang.

Oleh pihak PLN Rayon Ngabang
menyatakan terkait pemadaman malam, baik yang terjadwal  ataupun tidak akan mengalami pemadaman menyeluruh dikarenakan adanya gangguan Mesin PLTD Plasma yang mengakibatkan supplay listrik mengalami gangguan. Dimana supplai hanya separuh dari daya mampu mesin. Sehingga pemadaman tidak bisa dihindari.

“Gangguan ini terjadi dari mesin. Seharusnya daya kita 6,8 Mega Watt (MW).  Yang terserap hanya 4,1 MW, kekurangan daya 2,7 MW. Itu yang menyuruh kita pemadaman bergilir siang mau pun malam. Karena ada empat mesin lagi bermasalah, dua punya sewatama dan dua punya PLN sendiri,  ” kata Kepala PLN Rayong Ngabang Kristianus kepada wartawan, usai meninjau mesin PLTD Plasama, Senin (14/08/17).

Ditanya sampai kapan kondisi padam listrik PLN di Ngabang, menurutnya dalam waktu dekat diusahakan normal kembali.

“Berdasarkan penjelasan dari pihak Sewatama yang juga punya mesin, diperkirakan besok satu unit selesai diperbaiki dan satu lagi tanggal 16,” jelasnya.

Baca juga  Pemkab Landak Menyambut Baik Program Magang IKIP PGRI Pontianak

Maka kalau ke depannya ada pemadaman selanjutnya, menurut Kristianus itu mungkin bukan dari PLTD saja tapi ada dari alam. “Itu masih ada di daerah kita, jadi normalnya kita harapkan pada tanggal 16 sore sudah dimaksimalkan,” ungkapnya.

Diakuinya, selama ini faktor gangguan alam itu seperti kena timpa pelepah kayu atau pelapah kelapa sawit. “Paling parah itu kena timpa pohon, contohnya seperti kemarin yang terjadk di daerah Pawis. Sehingga membuat tumbang beberapa gawang,” terang Kristianus.

Sedangkan untuk kondisi mesin yang rusak saat ini, dikatakan Kristianus mesin tersebut semuanya masih layak untuk digunakan. Hanya memang karena adanya gangguan alam, sehingga terkadang langsung menuju ke mesin, dan mengakibatkan rusaknya mesin.

“Karena faktor alam itu yang akhirnya mendadak padam, sehingga beban mesin meningkat. Itulah yang menyebabkan rusak pada mesin. Semua mesin itu layak, hanya akibat gangguan eksternal saja. Kita juga setiap waktu ada pemeliharan,” tandasnya.

Junior Officer ADM Teknik PLN Rayon Ngabang di PLTD Plasma, Sumarsono mengakui, kondisi sekarang ini di mesin milik PLN sedang trouble untuk sistem pengapiannya.

Baca juga  Bupati Minta Pelayanan RSUD Landak Ditingkatkan

“Jadi sampai sekarang kita menunggu petugas dari Pontianak untuk tahap perbaikannya. Jumlah mesin ada dua, satu lagi brekdown dan satu lagi sedang trouble. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah normal,” katanya.

16 Agustus, Upayakan Tanpa Pemadaman

Site Leader Sewatama PLTD Plasma Ngabang, M Fahroji, menerangkan kalau saat ini daya mampu di PLTD Plasma hanya 4,1 MW. Dimana dua unit Sewatama masing-masing nomor 1 dalam kondisi down, dan nomor 4 lagi perawatan.

“Untuk unit nomor 1 sedang dalam perbaikan teknik, dan estimasi masuk sistem itu besok siang maksimal sore. Untuk unit nomor 4 proses instal generator, maksimal masuk sistem tanggal 17 Agustus,” jelasnya.

Namun pihaknya dari Sewatama yang saat ini ada empat unit mesin yang bekerja, akan di speed up yang tanggal 17 untuk diupayakan masuk sistem pada tanggal 16. “Kita berusaha dipercepat, agar empat mesin saat ini yang akrif dibantu dua mesin lagi,” pungkasnya. (One)

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Ikuti Rainas XI, DPRD Landak Apresiasi Kwarcab Landak

Pemda Landak

Harapan Masyarakat, Menjadi Catatan Tugas Pejabat Baru Kapolsek Menjalin

Pemda Landak

Terkait Pelajar Masuk Senin-Jumat, Disdikbud Landak Ikut Aturan

Pemda Landak

Gandeng IWO,  Polres Landak Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pemda Landak

Polsek dan Warga, Evakuasi Warga Jatuh Dari Pohon

Pemda Landak

Begini Suasana Posko Pengungsian Bencana Banjir di Ngabang

Pemda Landak

Hari Kedua Kejurda Dayung, Landak Dapat 4 Mendali

Pemda Landak

Bupati Landak Serius Jaga Keaslian Hutan, Desa Bentiang Madomong Terima Penghargaan
error: Content is protected !!