Home / Kalbar

Rabu, 31 Januari 2018 - 06:25 WIB

Sutarmidji Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Kalbar

Sutarmidji Berfoto Bersama Para Siswa (Ist)

PONTIANAK, LANDAKNEWS – Wali Kota Pontianak Sutarmidji buktikan dirinya berhasil tingkatkan pendidikan di Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya.

Komitmen itu ditunjukan Sutarmidji setelah merealisasikan sarana dan prasarana di Sekolah Negeri Pontianak. Sutarmidji memantau pembangunan SMP Negeri 2 Pontianak dan SD Negeri 34 Pontianak, Selasa (30/1).

Sutarmidji menjelaskan pembangunan Sekolah Negeri menfokuskan terhadap sarana dan prasarana pendidikan. “Kita fokuskan pada sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Negeri. Dengan demikian swasta dengan sendirinya akan mengikuti,” jelas Sutarmidji yang mendaftar sebagai calon Gubernur Kalbar itu.

Upaya Sutarmidji meningkatkan prestasi dibidang pendidikan Kalimantan Barat dibuktikannya dengan memberikan sarana dan prasarana terbaik terhadap Sekolah Negeri di Kalimantan Barat. “Untuk SMPN 2, saya yakin menjadi yang terbaik dari segi fisik di Indonesia bukan hanya di Kalbar. Karena dilengkapi ampliteater, taman dan lainnya. Semoga kedepan prestasi anak-anak semakin baik,” tegas Sutarmidji..

Sutarmidji juga menjelaskan bahwa bangunan SMPN 2 baru selesai tahap awal, tetapi ruang belajar sudah dapat digunakan untuk Siswa yang akan menghadapi Ujian Akhir.

“Ruang belajar sudah siap digunakan, Siswa bisa segera pindah. Apalagi sebentar lagi akan ujian berbasis komputer. Perangkatnya pun sudah siap. Pembangunan sekolah itu tinggal ampliteater, penimbunan halaman belakang dan pagar,” kata Sutarmidji.

Baca juga  Karolin-Gidot Siapkan Modal Usaha Untuk PKL

Setelah memantau SMP Negeri 2 Pontianak, Sutarmidji juga memantau pembangunan di SD Negeri 34 Pontianak. Kedatangan Sutarmidji disambut oleh murid-murid SD Negeri 34 Kota Pontianak.

Sutarmidji menjelaskan bahwa pembangunan di SD Negeri 34 Pontianak sudah berjalan sesuai rencana. “Gedung sekolah yang tadinya memanjang, dibangun ulang menjadi bertingkat. SDN 34 sudah bisa digunakan, yang lain tinggal ganti atap karena bangunan masih kuat,” jelas Sutarmidji.

Tidak hanya kedua sekolah tersebut yang telah direalisasikan Sutarmidji. Pembangunan Sekolah Negeri yang telah dibangun Sutarmidji diantaranya, satu unit sekolah Baru jenjang SD dan SMP di Pontianak Utara, satu unit sekolah baru di Pontianak Timur, dan pembangunan SMPN 4 serta SMPN 24. “Di setiap wilayah untuk sekolah baru sudah selesai dan tinggal kita resmikan saja. Rencana. Tanggal 9 atau 10 saya resmikan. Hal ini kita lakukan untuk menambah daya tampung,” jelas Sutarmidji.

Selain membangun infrastruktur dibidang pendidikan, Sutarmidji juga berhasil meningkatkan kualitas tenaga pengajar atau Guru di Kota Pontianak. Berdasarkan hasil tes Uji Kompetensi Guru (UKG), tenaga pengajar di Kota Pontianak sudah diatas rata-rata Nasional. Sutarmidji berharap Pemerintah Pusat dapat memberikan pelatihan kepada guru, sehingga dapat mengatasi kekurangan guru dan menciptakan guru yang berkualitas.

Baca juga  Baguna Kalbar Salurkan Paket Takjil dan Masker Kain

“Pemerintah pusat harusnya memberikan pelatihan kepada guru, anggaran besar daripada tidak terarah lebih baik beri pelatihan ke guru-guru. Terutama guru muda, sebelum dia menjadi PNS dia harus diberi pembekalan tentang proses belahar mengajar yang efektif dan efesien.,” jelas Sutarmidji.

Keberhasilan Sutarmidji meningkatkan pendidikan di Kota Pontianak diharapkan membawa keberhasilan yang sama terhadap Provinsi Kalimantan Barat. Ironis memang, Kota Pontianak yang berkembang pesat tidak diiringi Provinsi yang masih tertinggal jauh.

Sutarmidji yang maju sebagai Calon Gubernur Kalimantan Barat mempunyai program pendidikan jarak jauh dengan pemanfaatan teknologi dan internet dinilai efektif oleh berbagai kalangan.

Sutarmidji sendiri menjelaskan dengan menggunakan pendidikan jarak jauh yang memanfaatkan internet dan teknologi dapat mengatasi persoalan pendidikan di Kalimantan Barat yang saat ini masih tertinggal. “Melihat kondisi Kalimantan Barat, kita harus inovatif dan efesien, dengan memanfaatkan internet dan teknologi kita akan bangun pendidikan jarak jauh, sehingga akan mudah untuk memantau dan mengevaluasi,” jelasnya.

Penulis: Antara
Editor: Heri

Share :

Baca Juga

Kalbar

Karolin- Gidot Siap Tingkatkan Pembangunan SDM  Kalbar

Kalbar

Igo Jabat Ketua Sanggar HTT Parindu

Kalbar

Forkopinda Kalbar Nobar Pidato Kenegaraan Presiden RI

Kalbar

Ombudsman Kalbar Buka Posko Pengaduan PPDB 2017/2018

Kalbar

Ria Norsan Siap Optimalkan Subsidi Untuk Bengkayang

Kalbar

Karolin Mantap Daftar Cagub Kalbar 2018, Jumat Pagi Verifikasi Dan Wawancara

Kalbar

Banyak Potensi Pertanian Kubu Raya Yang Bisa Dimaksimalkan

Kalbar

Blusukan Ke Pasar Sekura, Karolin Beli Takjil Dan Serap Aspiraswi Rakyat
error: Content is protected !!