Home / Pemda Landak

Rabu, 14 Maret 2018 - 09:17 WIB

Musrenbang Adalah Penjaringan Aspirasi Akhir Ditingkat Kabupaten

Yully Nomensen, disaat menyampaikan laporan, Selasa (13/03), kemarin di Aula Kantor Bupati Landak. (Foto: One)

NGABANG, LANDAKNEWS – Ketua Panitia Carolina Kadem melalui Yully Nomensen mengatakan untuk melaksanakan Musrenbang Kabupaten Landak Tahun 2018 yang merupakan penjaringan aspirasi akhir ditingkat kabupaten.

“Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Pada prinsipnya Musrenbang merupakan proses pengambilan keputusan secara partisipatif dan juga merupakan arena strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pemerintahan, yakni Pemerintah Daerah, kalangan masyarakat dan kalangan swasta,” kata Yully, Selasa (13/03).

Baca juga  Wabup Heriadi Ajak Petani Giat Tanam Padi

Ia mengatakan keberadaan Musrenbang secara resmi didalam proses perencanaan adalah satu kesempatan untuk benar-benar menerapkan prinsip pendekatan bottom-up dan top-down yang jika dikaitkan dengan proses penganggaran merupakan salah satu tahapan dimana kebutuhan masyarakat bisa diidentifikasi dan dianggarkan.

Musrenbang sebagai wahana untuk memaduserasikan usulan bottom-up dari Musrenbang Desa dan kecamatan dengan proses top-down Rancangan RKPD dan Renja Perangkat Daerah, diharapkan keluaran berupa Rancangan Akhir RKPD dan Renja Perangkat Daerah yang telah mengakomodir “bottom-up process”.

“Dapat kami sampaikan juga bahwa penyelenggaraan Musrenbang Kabupatan Landak ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten  Landak Tahun 2018, yang telah dimulai semenjak Bulan Januari dengan Musrenbang tingkat Desa dan Musrenbang Tingkat Kecamatan dari tanggal 12 Februari 2018 s/d 23 Februari 2018, serta Forum Perangkat Daerah yang diselenggarakan pada tanggal 8 s/d 9 Maret 2018 yang lalu. Lebih lanjut hasil pembahasan dalam Musrenbang ini menjadi dasar bagi Tim Penyusun RKPD untuk finalisasi dokumen RKPD Kab. Landak yang akan ditetapkan dengan Peraturan Bupati sebagai rujukan dalam proses penyusunan KUA, PPAS dan APBD KabUupaten Landak tahun 2019, “ jelasnya.

Baca juga  Bupati Minta BPBD Landak Lebih Reponsif Terhadap Daerah Bencana

Penulis: HI74, Editor: One

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Hasil Perjuangan Bupati Landak, Desa Lamoanak Sudah Dialiri Listrik

Pemda Landak

Bupati Karolin : Jadi CPNS Jangan Bertingkah Laku Semaunya

Pemda Landak

Bupati Landak Resmi Tutup Turnamen Sepak Bola Bupati CUP

Pemda Landak

Bupati Landak Dukung Langkah BPK Rubah Sistem Pemeriksaan Keuangan Dengan Sistem Aplikasi

Pemda Landak

TIM PSDC Landak Diharapkan Mampu Bersaing di Pesparawi XII

Pemda Landak

Hotma : Tindak Tegas Setiap Pelanggaran Pilkada, Zero Toleransi!

Pemda Landak

Nyaris Tertipu, Warga Ngabang Konfirmasi Ke Polisi

Pemda Landak

Open House Hari Pertama, Bupati Landak Dikunjungi Forkopimda Landak
error: Content is protected !!