Home / Kalbar

Jumat, 20 April 2018 - 18:35 WIB

Hadiri Matahatn, Heriadi Dapat Benih Padi Dari Warga

KAYU ARA, LANDAKNEWS – Menyadari pentingnya melestarikan tradisi budaya sebagai identitas bangsa, Pelaksana Tugas Bupati Landak Herculanus Heriadi mengimbau masyarakatnya agar kearifan lokal seperti Naik Dango, Tradisi Matahatn terus dilestarikan dan dilaksanakan.

Karena pada intinya tradisi tersebut menurutnya adalah penghormatan kepada Jubata atau Yang Maha Pencipta karena berkat melalui hasil panen bisa dinikmati setiap tahun.

Hal tersebut disampaikannya ketika menghadiri Acara Adat Matahatn di Desa Kayu Tanam Kecamatan Mandor, Kamis (19/4).

Matahatn adalah adat ucapan syukur yang dilaksanakan sebelum melaksanakan panen raya dalam tradisi masyarakat Desa Kayu Tanam Kecamatan Mandor, Matahatn juga sebagai tradisi bepadah, (mengabarkan) kalau mau mulai memanen dan menaikan padi ke rumah.

Baca juga  Enam Pejabat Struktural Provinsi Kalbar Hasil Seleksi Terbuka Dilantik, Bride Jadi Kadis PU & PR

“Tradisi luhur seperti ini harus terus dilaksanakan sebagai kearifan lokal karena merupakan juga identitas budaya kita sebagai orang Dayak.” Ujar Heriadi.

Selain Matahatn, di Kabupaten Landak juga ada Acara Naik Dango sebagai wujud rasa syukur kepada Jubata atau Sang Pencipta atas hasil panen yang diperoleh setiap tahun.

Dijelaskan Heriadi, Padi memberi penghidupan bagi masyarakat Landak, termasuk bagi masyarakat Dayak. Oleh karena itu, mulai dari menanam, memanen, hingga menyimpan padi diatur sedemikian rupa menggunakan ritual adat yang disebut Naik Dango. Padi dipercaya memiliki semangat atau roh.

Baca juga  Cagub Kalbar Karolin,  Ungkap Rahasia Tampil Bugar Saat Kampanye Keliling Kalbar

“Ritual itu juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Nek Jubata (Sang Pencipta) atas hasil panen.” pungkas Suami Anggota DPRD Provinsi Kalbar Dapil Landak Maria Lestari itu.

Penulis: Tim Liputan
Editor: One

Share :

Baca Juga

Kalbar

Pilkada 2018-Karolin Jadikan Desa Sebagai Penyangga Ekonomi Kota

Kalbar

Hadiri Halal Bihalal DPD REI Kalbar, Gubernur Cornelis : Terima Kasih Bupati Ketapang

Kalbar

Kodam XII/Tanjungpura Turunkan 4.600 Prajurit Amankan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kalimantan Barat

Kalbar

Singkawang Mantapkan Persiapan Event Ramadhan Fair

Kalbar

Natal Oikumene Nasional di Kalbar Sukses

Kalbar

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Apresiasi Tim Penyelenggara Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pontianak

Kalbar

Karolin Mengaku Masih Kader PDI Perjuangan

Kalbar

FPK Gelar Raker Pembentukan Pengurus Tingkat Kecamatan 2017
error: Content is protected !!