Home / Polri

Sabtu, 28 April 2018 - 14:45 WIB

Larang Anak Dibawah Umur Mengendarai Kendaraan, Sat Lantas Datangi SMP

NGABANG, LANDAKNEWS – Satuan Lalu Lintas (satlantas) melalui Unit Dikyasa menggelar kegiatan Police Goes to School. Kali ini, sekolah yang dikunjungi adalah SMP Pelita Ngabang, Sabtu (28/4).

Dalam kegiatan ini, personil Unit Dikyasa Polres Landak yang dipimpin langsung oleh Kanit Dikyasa BRIPKA. Diwan Saputra memberikan sosialisasi tentang Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas.

“Yang menjadi sasaran kami sekarang adalah siswa/i SMP. Hal ini disebabkan banyaknya ditemukan pelajar SMP mengendarai sepeda motor padahal masih dibawah umur,  ” ujar Diwan.

Berdasarkan data laka lantas di wilayah hukum Polres Landak tahun 2017 – 2018,  banyak anak-anak dibawah umur terlibat kecelakaan baik sebagai pelaku maupun korban.

Baca juga  Bhabinkamtibmas Polsek Mandor Menyebarkan Maklumat Kapolri Untuk Cegah Covid-19

Dalam penyuluhannya Diwan menyampaikan bahwa anak SMP (dibawah umur) dilarang keras mengendarai sepeda motor, jadi bila ketemu dijalan akan langsung ditindak dengan tilang. Syarat agar boleh mengendarai sepeda motor  harus mempunyai SIM, kalau belum punya SIM berarti belum dikatakan layak untuk membawa motor, minta antar saja sama orang tua, abang, kakak yang sudah mempunyai SIM.

Selain itu, saat dibonceng harus juga pakai helm, sehingga bila terjadi kecelakaan maka kepala terlindungi dari benturan.

“Sekarang tugas adek adek adalah belajar, belajarlah dengan sungguh- sungguh, kalau sudah menjadi korban kecelakaan, patah kaki, dan sebagainya, apa yang di cita-citakan sia sia, nanti bila sudah punya SIM silahkan mengendarai sepeda motor, ” jelas Diwan.

Baca juga  Cegah Kriminalitas, Kanit Reskrim dan Bhabinkamtibmas Patroli Malam dan Sambangi Warganya di Warung

Pihaknya juga meminta kerjasama dari para orang tua agar melarang anak-anak yang masih dibawah umur untuk mengendarai kendaraan, karena secara psikologis masih labil sehingga berpotensi terlibat laka lantas maupun membahayakan pengguan jalan lain.

Diakhir kegiatan, Kepala Sekolah SMP Pelita Ngabang Bapak Ay Basri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satlantas Polres Landak atas pembinaan dan penyuluhan kepada siswa/i nya, dan pihak sekolah pun akan selalu mengingatkan anak-anak untuk tidak mengendarai sepeda motor.

Penulis: Hi74
Editor: One

Share :

Baca Juga

Polri

Cegah Terjadinya Gangguan Kamtibmas Unit Sabhara  Polsek Menyuke Rutin Melaksanakan Patroli

Polri

Unit Sabhara Lakukan Patroli Sosialisasikan Maklumat Kapolri

Polri

Melaksanakan Patroli Anggota Polsek Menyuke Jaga Kamtibmas.

Polri

Kegiatan Acara Panen Padi Raya di Desa Ngarak di Jaga Polisi

Polri

Akhirnya, Kayawan PT.MPS Ditemukan Tak Bernyawa

Polri

Anggota Sabhara Cegah Gangguan Kamtibmas menjelang Pemilihan Presiden dan Legislatif Tahun 2019

Polri

Pria Miliki Sabu, Ditangkap Polisi

Polri

Kanit Sabhara Polsek Sengah Temila Sosialisasi dan ingatkan kembali kepada Warga Untuk Cegah Karhutla
error: Content is protected !!