Home / Pemda Landak

Minggu, 13 Mei 2018 - 14:25 WIB

Masyarakat Jawa Nilai Karolin-Gidot Mampu Pimpin Kalbar Yang Multietnis

Purbono Hadi, Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Landak .

NGABANG, LANDAKNEWS – Masyarakat Jawa di Kabupaten Landak menyatakan komitmen mereka untuk mendukung dan memilih pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernr Kalbar nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot, pada Pilkada Kalbar 2018. Masyarakat Jawa menilai, Karolin dan Gidot memiliki komitmen melestarikan adat budaya semua suku bangsa di daerah ini, antara lain kebudayaan Jawa.

“Karena ibu Karolin sudah menjadi bagian dari keluarga kita, ya harus kita dukung, terlebih beliau memiliki komitmen kuat untuk terus melestarikan budaya Jawa,” kata Purbono Hadi, Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Landak, usai menghadiri undangan Ruwatan dua buah hati Karolin di kediaman Cornelis, Gubernur Kalbar dua periode di Ngabang, Sabtu (12/5).

Baca juga  Ajak Generasi Muda Meriahkan HUT RI Ke – 74 Dengan Lomba Gerak Jalan

Purbono Hadi mengapresiasi nasionalisme yang ada pada keluarga besar Cornelis, yang mau melestarikan budaya Jawa ditengah keluarga mereka.

“Kegiatan Ruwatan ini sudah menjadi salah satu kesungguhan beliau untuk melestraikan budaya, sehingga pemimpin seperti ini yang patut untuk kita dukung. Meski bapak Cornelis ini berasal dari suku Dayak, namun beliau mau melestarikan budaya kami. Ini tentu membuktikan bahwa pak Cornelis dan keluarga memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan patut untuk diapresiasi,” lanjutnya.

Mewakili masyarakat Jawa yang ada di Landak dan Kalimantan Barat, dirinya menyampaikan terimakasih karena keluarga Cornelis telah menggelar kegiatan tersebut.
Menurutnya, untuk di Ngabang, tradisi Ruwatan itu sudah sangat jarang dilakukan. Bahkan, kata dia, sudah hampir belasan tahun ini tidak pernah lagi dilaksanakan.

Baca juga  Vidcon Dengan Mentan, Bupati Landak Minta Segera Salurkan Pupuk

“Padahal tradisi ini sangat penting dilakukan bagi orang tua yang memiliki anaknya, sebagai tradisi pensucian, agar anak-anak kita terhindar dari musibah dan berbagai penyakit. Ini tentu menjadi hal yang langka, terlebih tradisi ini dilakukan ditengah keluarga suku Dayak, meski pak Cornelis memiliki menantu dari suku Jawa,” pungkasnya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: One

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Perayaan May Day Is Fun Day, KSBSI. Landak Gelar Bakti Sosial Dan Aksi Simpatik

Pemda Landak

SDN  03 Ngabang Gelar Apel Sumpah Pemuda

Pemda Landak

15 Sekolah Se Landak Mendapat Review Implementasi Kebijakan KTR

Pemda Landak

Wow Keren, Bupati Landak Luncurkan 6 Aplikasi Pelayanan Publik

Pemda Landak

Pentingya Penyuluhan Politik Bagi Pemilih Pemula

Pemda Landak

903 Pelanggar Terjaring OPS Keselamatan Kapuas 2018 Polres Landak

Pemda Landak

Awas, Jalan Rusak Berlobang Memanjang Antara Dusun Sekaro dan Dusun Paloan Kecamatan Sengah Temila

Pemda Landak

Kerjasama Dengan Kejari, Pemkab Landak Bagikan 1000 Paket Sembako Dan Adakan Bazar Murah
error: Content is protected !!