Home / Polri

Minggu, 20 Mei 2018 - 12:42 WIB

Kapolsek Pahauman Hadiri Kegiatan Ritual Adat Dayak Kanayatn

PAHAUMAN, LANDAKNEWS – Kapolsek Sengah Temila IPTU. Sujiyanto menghadiri prosesi kegiatan ritual adat dayak (Beremah) di Dusun Keranji Birah Desa Sebatih Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak , Jumat (18/05/2018).

Upacara adat tradisi Baremah masih sangat kental dilakukan oleh suku Dayak Kanayatn di Kalbar,walau pum sebagian ada yg mempertentangkan.di tengah pertentangan kenyataannya masyarakat masih memegang teguh dan mempertahankan bahkan melestarikan adat tradisi beremah tersebut.

Menurut Kapolsek Sengah Temila IPTU. Sujiyanto kegiatan semacam ini pantas di lestarikan apapun bentuknya yang penting ada makna pelestarian adat istiadat,dan adapun maksud kegiatan ritual adat tersebut bertujuan untuk wujud doa syukur kepada Tuhan (Jubata) mengingat apa yg diharapkan atau di cita-citakan segala sesuatunya kini telah terwujud.

Baca juga  Distribusi Logistik Pilkada 2018 Dikawal Polisi Bersenjata

“Adat istiadat ini wujud dari kebudayaan kita dan ada usur-unsur positif nya di antara nya sistim religi(kepercayaan agama)sistem ilmu pengetahuan,sistem kemasyarakatan atau kekerabatan (silsilah),” jelas kapolsek.

Ia juga menjelaskan bahwa dirinya selalu hadir setiap kegiatan Beremah yang dilaksanakan warga Kecamatan Sengah Temila, dan ia juga mengatakan kegiatan adat tersebut wajib dilestarikan sepanjang tidak ada unsur negatifnya.

Baca juga  Kapolsek Mandor Hadiri  Rapat Program Desa Mandiri di Polres Landak

“Upacara adat pada dasarnya merupakan bentuk perilaku masyarakat yg menunjukan kesadaran terhadap masalalunya. Masyarakat menjelaskan tentang masalalunya melalui upacara. Melalui upacara kita dapat melacak tentang asal usul baik itu tempat, tokoh, sesuatu benda, kejadian alam, dan lain-lain,” katanya.

Penulis: Simson
Editor: One

 

Share :

Baca Juga

Polri

Kanit Binmas Polsek Kuala Behe Bersama Bhabinkamtibmas Berikan Pelatihan Kepada Linmas

Polri

Masuk Musim Hujan, Anggota Polsek Kuala Behe  Tetap Semangat Berikan Himbauan Karhutla

Polri

Polisi Terus Sosialisasi dan Ingatkan Kembali Kepada Warga Untuk Cegah Karhutla

Polri

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2019 Kecamatan Menjalin

Polri

Bhabinkamtibmas Desa Kayuara Himbau Stop Pungli

Polri

Kapolsek Air Besar!!! Pastikan Situasi Aman Dan Kondusif

Polri

Ingatkan Warga Agar Tidak Lupa Mengunci Pintu Dan Jendela

Polri

Pengedar Narkoba Di Senakin di Tangkap Polisi
error: Content is protected !!