Home / Kalbar

Jumat, 25 Mei 2018 - 00:03 WIB

Penetapan Komisioner KPU Kalbar Dikritik

Lima anggota KPU Kalbar yang baru dilantik. Mendapat kritikan dari Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Barat, Maskendari. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, LANDAKNEWS – Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Barat, Maskendari menilai nama-nama Komisioner KPU Kalbar yang ditetapkan oleh KPU RI tidak representatif dan mengabaikan aspek sosiologis di Kalbar.

“Seperti kita tahu, Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan lima komisioner KPU Kalimantan Barat. Namun, Pemuda Katolik Komisariat Kalbar menilai nama-nama yang terpilih tidak representatif dan mengabaikan aspek sosiologis di Kalbar,” kata Maskendari di Pontianak, Selasa.

Dirinya menilai KPU juga tidak demokratis dalam menetapkan komisioner di Kalbar. Pasalnya, menurut dia, komisioner yang baru ini memiliki risiko politik yang tinggi dan akan berdampak pada stabilitas politik di daerah.

Baca juga  Dua Komandan Satuan Dari Kodam XII/Tanjungpura Raih Peringkat “Nilai Sepuluh Teratas” Pada Kesegaran Jasmani di Jabar

“KPU RI tidak mempertimbangkan risiko politik ini dalam menentukan komisioner KPU Kalbar. Padahal, Polri dan Bawaslu menempatkan Kalbar sebagai satu dari tiga provinsi yang rawan stabilitas politiknya dan seharusnya KPU peka atas hal tersebut,” tuturnya.

Maskendari menegaskan Pemuda Katolik secara tegas menolak keputusan KPU RI atas penetapan nama-nama komisioner KPU Kalbar yang baru ini. Karena itu, kata Maskendari, KPU RI meninjau ulang keputusannya terkait penetapan nama-nama tersebut.

Bila perlu, tegas Maskendari, KPU RI menganulir keputusan tersebut. “Kami berencana melakukan aksi atas ini karena keputusan KPU RI mengabaikan realitas politik di Kalbar dan kami menduga KPU RI ikut andil dalam menambah potensi kerawanan dalam politik lokal,” katanya.

Baca juga  Urbanus: Berharap PHYO Diusung Kembali oleh PDI Perjuangan

Kendati demikian, pihaknya tetap menghormati keputusan KPU RI atas penetapan nama-nama itu.

“Saya berharap, komisioner KPU Kalbar yang baru ini bisa bekerja secara profesional dan proporsional. Tetapi, kami ingatkan agar komisioner tidak bermain api,” katanya.

Nama-nama komisioner KPU Provinsi Kalbar yang baru ditetapkan dan dilantik yakni Ramdan, Erwin Irawan, Trenggani, Mujiyo dan Zainab.

Sumber: Antara Kalbar

Share :

Baca Juga

Kalbar

Ingat Jasa Cornelis, Warga Madura Mempawah Pilih Karolin-Gidot

Kalbar

Kampanye Dialogis Midji-Norsan di Ngabang, Diundur

Kalbar

Cornelis Buka Seminar Internasional Visit West kalimantan 2017

Kalbar

Tolak Isu Intimidasi, Warga Bengkayang Pasti Pilih Karolin-Gidot

Kalbar

Selamatkan Generasi Muda dari Narkoba, Persit Kartika Candra Kirana Daerah XII/Tanjungpura Gelar Ikrar Anti Narkoba

Kalbar

19 Agustus 2017, Pemenang Lomba Lagu Mars Kota Sanggau dan Lagu Daerah Terima Piala dan Hadiah

Kalbar

Karolin Harapkan Dewan Adat Dayak Dan Pemerintah Kerjasama Mencari Solusi Atas Masalah Masyarakat

Kalbar

Duet Karolin-Gidot Paling Pas Pimpin Kalbar
error: Content is protected !!