Home / Kalbar

Sabtu, 26 Mei 2018 - 10:23 WIB

181 Meriam Karbit Siap Meriahkan Malam Lebaran

Meriam Karbit Kelompok Warga Tambelan Sampit Kecamatan Pontianak Timur (Foto Dokumentasi/ Satrio /edi )

PONTIANAK, LANDAKNEWS – Sebanyak 181 meriam karbit dari 49 kelompok, siap memeriahkan malam Lebaran tahun 2018 di sepanjang Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat.

“Sebanyak 181 meriam karbit tersebut, siap memeriahkan malam Lebaran dengan suara dentuman khasnya,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pontianak, Rendrayani di Pontianak, Jumat.

Ia meminta, masyarakat untuk datang menyaksikan dengan cara berkelompok, sehingga tidak membuat kemacetan pada saat malam takbiran.

“Kelompok meriam karbit, Banjar Baru, Jalan Yusuf Karim, Kelurahan Banjar Serasan akan jadi tuan rumah Festival Meriam Karbit tahun 2018, dan rencananya, festival nanti akan dibuka Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Doddy Riyadmadji,” ungkapnya.

Baca juga  Singkawang Gelar MTQ VII

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Meriam Karbit, Seni dan Budaya Kota Pontianak, Fajriudin Ansari menyatakan, jumlah peserta tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Dalam festival kali ini,?kriteria penilaian dari panitia adalah irama atau dentuman, hiasan meriam, dekorasi dan kesenian serta kekompakan dari para kelompok meriam karbit tersebut,” katanya.

Menurut dia, tahun ini pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp110 juta, yang pencairannya setelah Lebaran, sehingga untuk mengantisipasinya, pihaknya akan mencarikan dana talangan terlebih dahulu.

Baca juga  Harga Sembako di Kapuas Hulu Naik, Telur Rp2.500/Butir

Anggaran sebesar tersebut untuk pembuatan Posko Festival Meriam Karbit sebesar Rp15 juta, dan termasuk untuk bonus para juara, katanya.

“Bantuan dana dari pemerintah tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, artinya ada perhatian pemerintah,” katanya.

Sumber: Antara Kalbar

Share :

Baca Juga

Kalbar

Melalui Coffee Morning, Kodam XII/Tanjungpura dan Polda Kalbar Jalin Sinergitas dan Soliditas

Kalbar

1.555 Warga Binaan Kalbar Dapat Remisi Lebaran

Kalbar

Karolin Bagikan Tips Bagi Perumpuan Ingin Masuk Dunia Politik

Kalbar

Revolusi MTQ, Peserta Turun Mimbar Nilai Langsung Keluar

Kalbar

Lagi, Warga Perbatasan Serahkan Tiga Pucuk Senpi dan Munisi Aktif

Kalbar

Pendidikan Suku Dayak Jadi Prioritas Karolin Gidot

Kalbar

Muderus: Jabat Pembina Sanggar Hibutn Tamputn Tabai Pusat Damai

Kalbar

Polisi tangkap 15 tersangka kasus TPPO
error: Content is protected !!