Home / Nasional

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:21 WIB

Media Massa Diingatkan Tak Bangkitkan Paham Radikal

Media massa diminta tidak membangkitkan terorisme dan paham radikalisme. Media disarankan lebih banyak memberikan porsi kepada tokoh agama. Ilustrasi

JAKARTA, LANDAKNEWS – Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai menilai media massa memiliki peran penting dalam upaya pemberantasan tindak pidana terorisme.

Dia meminta media tidak justru ikut membangkitkan terorisme atau paham radikalisme.”Jangan memviralkan narasi-narasi paham radikalisme yang ‘mengglory-fikasi’ ini teroris,” kata Mbai dalam diskusi MNC Trijaya Network bertajuk Pemberantasan Terorisme di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Baca juga  Badan Siber dan Sandi Negara Langsung di Bawah Presiden

Dia meminta media massa memberikan porsi banyak bagi para tokoh agama yang menyejukkan, mendamaikan dan mencerahkan. “Mulai hari ini mari kita ganti itu, jangan yang teroris radikal yang dimasukkan di situ. Tapi yang damai, yang moderat,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, narasi-narasi yang toleransi perlu diangkat media massa. Dia melanjutkan, jika itu bisa dilakukan maka tindak pidana terorisme bisa diminimalisasi.

“Sekarang, lebih banyak paham radikal yang dinarasikan oleh tokoh-tokoh yang gayanya selebritis itu. Ada di panggung terbuka, di media, di tempat ibadah, di sekolah, di online bahkan saya lihat banyak sekali itu khusus narasi-narasi dari radikal itu,” ungkapnya.

Baca juga  Anis Matta: Putin Berani Ubah Konstitusi Rusia untuk Atasi Krisis Global

Bahkan, dia juga melihat ada media massa yang memberitakan pesan dari ISIS. “Ini kan bahaya. Mari Setop itu dan hentikan,” ujarnya.

Sumber: Sindo News

Share :

Baca Juga

Nasional

Wow Keren, Ditawar Rp200 M, Callind Asal Kebumen Berharap RI Seperti China

Nasional

Ini kata dr. Karolin usai Ziarah di Makam Bung Karno

Nasional

Oknum Brimob Intimidasi Jurnalis Antara Saat Meliput

Nasional

Kapendam : TNI Turunkan Pasukan Khusus, Sandera Berhasil Dibebaskan

Nasional

PBNU: Ulama Tak Perlu Dibela

Nasional

Anis Matta: Pemerintah Perlu Siapkan Skenario Terburuk Terhadap Fundamental Ekonomi

Nasional

Waduh, Kasus Positif dan Kematian Covid-19 Naik Sepekan Terakhir

Nasional

Masa Tugas Berakhir, Berikut Perasaaan Wapres Yusuf Kalla
error: Content is protected !!