Polsek Menyuke Pengamanan Misa Penutupan Bulan Maria

oleh

DARIT, LANDAKNEWS – Tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, dan memberikan perlindungan, serta pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu guna menciptakan situasi aman dan kondusif, Kapolsek Menyuke IPTU. R. Dolok Saribu beserta anggota Polsek Menyuke Polres Landak melaksanakan pengamanan ibadah umat Katholik yaitu ibadah Minggu terakhir pada bulan Mei yang disebut Misa Penutupan Bulan Maria yang dilaksanakan di Gua Maria Pertapaan Shanti Buana Dusun Bandol Desa Untang Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak, Minggu (27/05/2018).

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Umat Katholik dalam setahun yaitu jatuh pada bulan Mei dan Oktober, tampak terlihat penuh oleh ribuan Umat Katholik yang hadir dalam perayaan Ekaristi pada penutupan bulan Maria. Misa berlangsung dengan meriah dan hikmat, ini dibuktikan dengan antusiasnya semangat Umat Katholik yang hadir dari berbagai daerah Kalimantan Barat pada kegiatan tersebut, pelaksanaan misa ini di pimpin langsung oleh Romo Makarius, CSE dan Romo Albert Trinitas, CSE, dengan jumlah umat yang hadir diperkirakan 3000 orang.

Sebelum kegiatan berlangsung pihak Polsek Menyuke sendiri sudah berkoordinasi dengan Ketua Penyelengara Suster Paulina P. Karamel dan Frater Sbastian, CSE sebagai pihak penyelenggara kegiatan Penutupan Bulan Maria di Shati Buana Bandol.

Sejauh ini kerja sama yang kami lakukan sangat baik, intinya secara dini Polsek Menyuke hadir ditengah – tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara khusus umat Katholik yang akan melaksanakan ibadah Misa di Gua Maria Pertapaan Shanti Buana Bandol, ujar Aipda Fransiskus Andut yang turun langsung dalam pengamanan di lapangan.

Pelaksanaan pengamanan Penutupan Bulan Maria tersebut dengan menempatkan anggota di tempat – tempat yang berpotensi adanya tidak pidana, terutama di pintu masuk, tempat parkir dan lokasi tempat melaksanakan ibadah, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya Umat Katholik yang sedang melaksanakan ibadah, dan merupakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai aparat Kepolisian.

Pemimpin Misa Romo Makarius, CSE mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama Polsek Menyuke yang selalu membantu pengamanan dalam setiap kegiatan di pertapaan Shanti Buana ini, ujar romo.

Kapolsek Menyuke IPTU R. Dolok Saribu juga mengatakan, di dalam pelaksanaan pengamanan anggota juga melakukan pengawasan dan pemeriksaan semua barang bawaan dan lain sebagainya kepada para umat, dimaksudkan untuk menghindari masuknya barang – barang berbahaya seperti senjata tajam dan barang berbahaya lainnya yang dapat mengganggu jalannya kegiatan ibadah, kita terus mengantisipasi kerawanan dan mengamankan di setiap kegiatan masyarakat, agar kegiatan berjalan aman dan lancar.

Selain itu Kapolsek juga mengajak semua yang hadir untuk menjaga kamtibmas Pilkada Damai, Kapolsek menyampaikan “agar menjelang pesta demokrasi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat 2018 ini, mari kita sama-sama menjaga kondisi yang aman dan kondisif, serta tidak terpengaruh isu-isu atau berita hoax yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya”.

Selain itu, Selama kegiatan tersebut berlangsung mulai dari awal sampai dengan selesainya kegiatan, berjalan dengan aman dan tertib.

”Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak baik Linmas Desa Untang, Satpam dan Tim Parkir yang telah membantu dan mengamankan jalannya kegiatan ibadah ini, ” imbuh Kapolsek.

Penulis : Ewaldus Leo
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *