Sanggau Juara Umum Gawai Dayak Kalbar 2018

oleh

Tim Sanggau juara umum Gawai Dayak 2018 (Ist)

SANGGAU, LANDAKNEWS – Kontingen Kabupaten Sanggau yang berlaga pada ajang Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalbar Tahun 2018, yang berlangsung di Pontianak  20- 24 Mei lalu meraih gelar juara umum.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sanggau Sudarsono  melalui Kasi Kesenian dan Tenaga Kebudayaan, David Dino Wijayanto  mengungkapkan, torehan cemerlang kontingen Sanggau pada ajang tersebut yakni untuk juara pertama ada enam cabang berupa tari kreasi Dayak, tiga kategori masing-masing penyaji terbaik, musik terbaik, penata tari terbaik.

Kemudian menyabet juara bujang gawai, sumpit beregu putra, sumpit beregu putri, sumpit perseorangan putri dan ditambah dari tim sumpit DAD perseorangan putra.

Tak cukup sampai disitu, kontingen ini menyabet trophy lainnya berupa juara dua terdiri dari busana anak putra, sumpit perseorangan putra dan sumpit perseorangan putri.

Kemudian, untuk sabetan pada juara tiga masing-masing lomba lagu daerah putri, sumpit perseorangan putri, sumpit perseorangan putra dan sumpit beregu putra.

“Puji Tuhan kita bisa meraih juara umum. Ini merupakan hasil kerja keras tim semuanya. Dan dukungan Pemkab Sanggau,” ujar pria akrab disapa Bang Dino ini, Sabtu (26/5).

Dijelaskan, tim yang tergabung dalam kontingen Kabupaten Sanggau tersebut, merupakan utusan kecamatan-kecamatan yang menjuarai pada gawai Dayak Tahun 2017  berjumlah 40 orang terdiri tim kesenian ini. Dan ditambahkan tim dari DAD Kabupaten Sanggau.

“Ini merupakan tim gabungan, dari juara gawai adat Dayak Kabupaten Sanggau tahun lalu. Nah, ditambahkan juga tim dari DAD Kabupaten Sanggau,” terang dia.

Menurut Dino, ada sedikit catatan teknis khusus pada beberapa cabang, yang memang harus diperhatikan kedepan. Sehingga pada kegiatan gawai Dayak tingkat Kalbar berikutnya bisa dipertahankan.

“Kedepan ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita. Guna untuk meningkatkan apa yang telah diraih, minimal mempertahankan. Saya berterima kasih atas perjuangan teman-teman, sehingga bisa meraih hasil yang optimal pada PGD Dayak se Kalbar kali ini,” ujar dia.

Sumber: Antara Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *