Home / Kalbar

Minggu, 27 Mei 2018 - 19:47 WIB

Sanggau Juara Umum Gawai Dayak Kalbar 2018

Tim Sanggau juara umum Gawai Dayak 2018 (Ist)

SANGGAU, LANDAKNEWS – Kontingen Kabupaten Sanggau yang berlaga pada ajang Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalbar Tahun 2018, yang berlangsung di Pontianak  20- 24 Mei lalu meraih gelar juara umum.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sanggau Sudarsono  melalui Kasi Kesenian dan Tenaga Kebudayaan, David Dino Wijayanto  mengungkapkan, torehan cemerlang kontingen Sanggau pada ajang tersebut yakni untuk juara pertama ada enam cabang berupa tari kreasi Dayak, tiga kategori masing-masing penyaji terbaik, musik terbaik, penata tari terbaik.

Kemudian menyabet juara bujang gawai, sumpit beregu putra, sumpit beregu putri, sumpit perseorangan putri dan ditambah dari tim sumpit DAD perseorangan putra.

Tak cukup sampai disitu, kontingen ini menyabet trophy lainnya berupa juara dua terdiri dari busana anak putra, sumpit perseorangan putra dan sumpit perseorangan putri.

Baca juga  Satlantas Polres Sanggau Lakukan Diversi Kecelakaan Lalu Lintas Melibatkan Anak Dibawah Umur

Kemudian, untuk sabetan pada juara tiga masing-masing lomba lagu daerah putri, sumpit perseorangan putri, sumpit perseorangan putra dan sumpit beregu putra.

“Puji Tuhan kita bisa meraih juara umum. Ini merupakan hasil kerja keras tim semuanya. Dan dukungan Pemkab Sanggau,” ujar pria akrab disapa Bang Dino ini, Sabtu (26/5).

Dijelaskan, tim yang tergabung dalam kontingen Kabupaten Sanggau tersebut, merupakan utusan kecamatan-kecamatan yang menjuarai pada gawai Dayak Tahun 2017  berjumlah 40 orang terdiri tim kesenian ini. Dan ditambahkan tim dari DAD Kabupaten Sanggau.

“Ini merupakan tim gabungan, dari juara gawai adat Dayak Kabupaten Sanggau tahun lalu. Nah, ditambahkan juga tim dari DAD Kabupaten Sanggau,” terang dia.

Baca juga  Midji Optimistis Menang 65 Persen di Bengkayang

Menurut Dino, ada sedikit catatan teknis khusus pada beberapa cabang, yang memang harus diperhatikan kedepan. Sehingga pada kegiatan gawai Dayak tingkat Kalbar berikutnya bisa dipertahankan.

“Kedepan ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita. Guna untuk meningkatkan apa yang telah diraih, minimal mempertahankan. Saya berterima kasih atas perjuangan teman-teman, sehingga bisa meraih hasil yang optimal pada PGD Dayak se Kalbar kali ini,” ujar dia.

Sumber: Antara Kalbar

Share :

Baca Juga

Kalbar

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Batalyon Infanteri 123/Rajawali Gagalkan Penyelundupan Sabu, Ini Penjelasan Kapendam

Kalbar

Gubernur Cornelis Kunjungi Kesulthanan Sambas

Kalbar

Panglima Kodam XII/Tanjungpura Resmikan Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti

Kalbar

Masyarakat Sungai Tebelian Pilih Midji-Norsan

Kalbar

19 Agustus 2017, Pemenang Lomba Lagu Mars Kota Sanggau dan Lagu Daerah Terima Piala dan Hadiah

Kalbar

Karolin dan Gidot Akan Bangun Kalbar Tanpa Mengorbankan Rakyatnya

Kalbar

Hadiri Musrenbang Provinsi Kalbar, Ini Masukan Cornelis

Kalbar

Rapimnas 1 Pemuda Katolik, Menciptakan Pemuda Katolik Yang Unggul Untuk Indonesia Maju
error: Content is protected !!