Home / Polri

Senin, 4 Juni 2018 - 17:49 WIB

Karolin Ajak Masyarakat Manfaatkan Perkarangan Rumah Untuk Berkebun

NGABANG, LANDAKNEWS – Calon Gubernur Kalbar nomor urut dua, Karolin Margret Natasa menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam berbagai sayuran dan tumbuhan yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi.

“Saat ini kondisi ekonomi dirasakan sebagian besar masyarakat semakin sulit, karena harga barang terus naik mengikuti inflasi tidak terkejar oleh pendapat banyak masyarakat berpenghasilan paspasan. Untuk itu, cara satu-satunya adalah dengan memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran atau tumbuhan yang memberikan nilai manfaat,” kata Karolin, di Ngabang, Senin, (4/6/2018).

Menurut Karolin, dengan ditanami sayur-sayuran, atau memanfaatkan perkarangan rumah untuk budidaya ikan atau peternakan, setidaknya bisa mencukupi kebutuhan harian masyarakat.

“Jadi, kalau mau makan, tinggal ambil di halaman rumah. Mau ikan atau memenuhi kebutuhan protein, juga sudah tersedia dan tidak pusing lagi memikirkan uang belanja,” tuturnya.

Baca juga  KSPKT Regu Dua Polsek Mandor Pantau Sarana Pelayanan Masyarakat

Karolin menyebutkan, Jika semua kebutuhan pangan bisa dipenuhi sendiri oleh masyarakat, maka masyarakat bisa lebih mapan dan mandiri. Tinggal memikirkan uang jajan dan biaya anak atau kebutuhan lainnya.

Karolin menambahkan, jika masyarakat sudah bisa memenuhi kebutuhan hariannya, dan jika masih ada kelebihan dari hasil perkarangan rumah itu, tentu bisa dijual dan bisa menambah penghasilan keluarga.

“Memanfaatkan pekarangan rumah yang selama ini tidak terpakai menjadi solusi ekonomi kreatif yang bisa kita lakukan. Tidak menutup kemungkinan kita akan bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah dari pekarangan yang selama ini tidak pernah terpakai, terutama pekarangan rumah orang yang berada di pedesaan,” lanjut Karolin.

Baca juga  Miliki Sabu, DK Di Amankan Polisi

Karolin mencontohkan ibunya sendiri, Frederika Cornelis, dimana ditengah-tengah kesibukannya mendampingi Gubernur Kalbar, Cornelis, beliau tetap menyalurkan hobinya berkebun dan itu menjadi penghasilan tambahan.

“Intinya semua itu berasal dari kemauan, karena jika kita mau melakukannya, maka semua pasti bisa. Cukup lah bermalas-malasan dan lepaskan diri dari keterbatasan kita, mulai dari sekarang untuk memanfaatkan perkarangan rumah,” pungkas Karolin.

Penulis: Tim Liputan
Editor: One

Share :

Baca Juga

Polri

Kapolres dan Ketua   Bhayangkari Cabang Landak Kunjungi Polsek Mandor

Polri

Patroli Polsek Mandor Sambangi Kantor Desa Bebatung

Polri

Sosialisasikan Protokol Kesehatan, Polsek Bersama Forkompimcam Menyuke Bagikan Masker

Polri

Kapolsek Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara

Polri

Ciptakan Kamtibselcar Lalulintas Bripka Guntur Pratama Laksanakan Ploting Poin

Polri

TNI Datangi Polsek Mempawah Hulu Untuk Apel Gabungan

Polri

Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Binaannya

Polri

Guna Mencegah Tindak Kriminalitas di Malam Hari Polisi Lakukan Patroli Dialogis
error: Content is protected !!