Pelantikan dan Bimbingan Teknis TPS Kecamatan Menyuke

oleh

DARIT, LANDAKNEWS – Dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018. Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Menyuke menyelenggarakan pelantikan. Serta Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas tempat pemungutan suara (PTPS). Kegiata dilaksanakan di Aula Kantor Camat Menyuke, Minggu (03/06/2018).

PTPS yang mengikuti pelantikan itu 94 dan nantinya akan bertugas di masing-masing TPS yang tersebar di Kecamatan Menyuke Kabupaten Landak.

Hadir dalam pelantikab tersebut Camat Menyuke diwakilkan Edi Safari, Kapolsek Menyuke IPTU R. Dolok Saribu, Ketua PPK Kecamatan Menyuke Petrus Eko, Ketua Panwaslu Kecamatan Menyuke Adi Alexander Rassa, Rohaniwan, Panwaslu Desa serta tamu undangan.

“Perlu diketahui, Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum pasal 90 ayat 2 berbunyi bahwa pengawas TPS itu harus di bentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Menyuke, Adi Alexandr Rassa saat memberikan sambutan.

Menurut Adi, pengawas TPS di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pilkada di lantik dihari yang sama, namun waktunya saja yang berbeda.

Kemudian, lanjut Adi, pengawas TPS yang sudah dilantik ini bertugas di TPSnya masing-masing. Pada kesempatan itu juga, Adi mengajak para pengawas di TPS yang sudah resmi di lantik untuk menjaga sikap tingkah laku dan tutur kata dalam sehati-hari sebagai mana seperti seorang pengawas.

“ Jangan setelah pulang pelantikan ini, ngomong di warung kopi mendukung salah satu calon padahal posisi kita sebagai pengawas padahal di pihak netral,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Menyuke IPTU. R. Dolok Saribu memberikan himbauan mengajak bapak dan ibu yang sudah di lantik sebagai pengawan TPS harus berkordinasi dan bekerja sama dengan KPPS yang ada di TPS masing -masing, dan harapan Kapolsek sebagai pihak keamanan

“Mari kita sukses kan Pilkada aman dan damai serta menjaga bersama-sama keamanan dalam pelaksanaan pilkada yang akan di laksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 ini, dan saya harapkan jangan sampe ada masalah di TPS masing-masing dan selalu melakukan kordinasi dengan KPPS, ” ajak Kapolsek.

Kapolsek Menyuke juga berpesan kepada pengawas TPS yang baru dilantik. Sebagai petugas pengawas di TPS dilapangan ada empat bagian yang terpenting untuk di awasi, yang pertama yakni persiapan pemungutan suara, pencoblosan dan penghitungan suara serta pengawalan kotak suara dari TPS ke PPS.

Penulis : Ewaldus Leo
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *