167 Orang Pengawas TPS, Siap Gerilya Tegakan Pilkada Demokratis

oleh

NGABANG, LANDAKNEWS – Selasa (5/6),telah dilaksanakan Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara se-Kecamatan Ngabang di SD 06 Jalan Ilong Desa Raja Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak.

Hadir dalam kegiatan Camat Ngabang Yosef.SE, Kapolsek Ngabang Komisaris Polisi Ida Bagus Gde Sinung SH MH, Danramil Ngabang, Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Syarifah Aryana Kaswamayana S. Sos, Ketua PPK Ngabang, Anggota Panwaslu Kabupaten Landak Tata S. Sos, Ketua Panwaslu Kecamatan Ngabang Aloysius dan para anggota Pengawas TPS se Kecamatan Ngabang berjumlah 167 orang serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan pokok diawali dengan pembacaan Keputusan Ketua Panwascam Ngabang dilanjutkan pengambilan sumpah / janji Pengawas TPS se Kecamatan Ngabang serta diteruskan dengan penandatanganan Berita Acara Jabatan Pengawas TPS Kecamatan Ngabang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan kepada seluruh Anggota Pengawas TPS dan dilanjutkan dengan penandatanganan Fakta Integritas.

Dalam kata sambutannya Camat Ngabang, Yosef memberikan penekanan kepada para pengawasTPS yang telah dilantik bahwa merupakan arahan dan tugas sesuai dengan fakta integritas dan akan ada sangsi pidana bagi yang melanggar.

“Oleh sebab itu mari kita laksanakan tugas dengan baik dan benar jangan sampai kita mendukung salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, ” katanya.

Pada arahan Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat menyatakan bahwa setelah kegiatan pelantikan akan disertai dengan pelaksanaan Bimtek terhadap petugas pengawas TPS sebab Pengawas TPS merupakan ujung tombak bagi suksesnya Pilkada ini dan dijelaskannya juga bahwa Pengawas TPS sudah terkoneksi ke Bawaslu RI.

Bawaslu berharap kepada Pengawas TPS agar 3 hari pada masa tenang pengawas TPS harus bergerilya terhadap adanya pasangan calon yang melakukan kampanye.

“Kita ingin pilkada ini dapat terselenggara dengan baik, dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini mari kita laksanakan dengan senang hati dan jangan sampai ada intervensi dari Tim pasangan calon Gubernur maupun Wakil Gubernur” tandasnya

Dia juga menyatakan bahwa tingkat kerawanan dalam pelaksanaan Pilkada Provinsi Kalimantan Barat masuk golongan paling rawan dibandingkan dengan daerah lain.

Ucapan Terimakasih disampaikan oleh anggota Panwaslu Kabupaten Landak kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap kepada para Petugas pengawas TPS yang telah dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Pada kesempatannya Kapolsek Ngabang Komisaris Polisi Ida Bagus Gde Sinung. SH.MH menyampaikan himbauan kamtibmas kepada seluruh peserta dan tamu undangan tentang pelaksanaan pencoblosan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan pada Tanggal 27 Juni 2018.

“Terkait hal tersebut kami selaku pihak Kepolisian menghimbau kepada masyarakat agar bersepakat dalam pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan damai, kita jangan sampai termakan oleh isu ataupun berita bohong yang sengaja disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Mari kita bijak dalam menggunakan Media Sosial, kita jangan sampai terbawa provokasi yang berakibat situasi tidak kondusif. Mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah kita,” pesan Sinung.

Ketua Panwaslu Kecamatan Ngabang Aloysius mengatakan Kecamatan Ngabang terdiri dari 19 Desa dan jumlah terbanyak TPS adalah Desa Amboyo Inti.
Aloy berharap dengan dilantiknya para petugas pengawas TPS pada hari ini maka diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat menyampaikan kepada masyarakat agar memilih pemimpin Provinsi Kalimantan Barat sesuai dengan hati nurani.

Penulis : Irwanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *