Home / Kalbar

Minggu, 24 Juni 2018 - 16:50 WIB

Bawaslu Ingatkan Bersihkan Atribut Kampanye

Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah (Istimewa) (Istimewa/)

PONTIANAK, LANDAKNEWS – Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalimantan Barat, Ruhermansyah mengingatkan kepada setiap tim pasangan calon Gubernur Kalbar untuk mencabut berbagai atribut kampanye pada saat masa tenang Pilkada.

“Mulai tanggal 24 Juni ini, kita sudah memasuki masa tenang pilkada dan seperti aturan yang ada, pada masa tenang kampanye tidak ada aktivitas pasangan calon termasuk atribut kampanye,” kata Ruhermansyah di Pontianak, Sabtu.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU dan Kepolisian/TNI serta Satpol PP di setiap daerah, untuk melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas pasangan calon. Tidak boleh ada aktivitas kampanye dalam bentuk apa pun pada masa tenang ini,” tuturnya.

Bawaslu Kalbar juga mengintruksikan kepada seluruh jajarannya di daerah untuk melakukan patroli pengawasan masa tenang dan pungut hitung, untuk mengantisipasi adanya pelanggaran kampanye, politik uang dan mobilisasi pemilih.

Baca juga  Kepsek Asal Kayong Utara Dimintai Keterangan Gara-Gara Status di FB

“Untuk atribut kampanye yang difasilitasi oleh KPU Kalbar, nantinya akan dicabut oleh KPU, Bawaslu, Satpol PP dan pihak penyelenggara Pilkada. Namun, untuk atribut yang dipasang oleh masing-masing tim pasangan calon, maka itu harus dicabut sendiri,” tuturnya.

Ruhermansyah menyatakan, tidak hanya atribut kampanye yang dipasang, namun berbagai alat peraga kampanye yang terpasang di mobil, videotron, stiker atau APK lainnya, juga harus dibersihkan.

“Kami juga mengingatkan kepada setiap pasangan calon untuk mengimbau kepada seluruh tim sukses atau simpatisannya untuk tidak melakukan aktivitas kampanye di media sosial, atau menggelar berbagai kegiatan yang berbau kampanye,” katanya.

Baca juga  Panitia CGM Hadirkan Jembatan Kaca di Singkawang

Dia mengatakan, untuk melakukan pengawasan pada masa tenang ini pihaknya melibatkan sejumlah pihak seperti BEM Untan sebagai koordinator seluruh BEM se-Kalbar terkait pengawasan partisipatif untuk Pilkada di Kalbar.

“Bawaslu Kalbar juga melibatkan sejumlah lembaga adat yang ada di Kalbar, unsur OKP, tokoh masyarakat, forum perbatasan, LIPD, Laki dan pihak lainnya sebagai pemantau pemilu. Kita harapkan agar masa tenang ini bisa dihormati oleh semua pasangan calon termasuk tim dan relawan setiap paslon,” katanya.

Sumber: Antara Kalbar

 

Share :

Baca Juga

Kalbar

inDriver Kembali Beroperasi Penuh di Pontianak

Kalbar

Kunjungi Korban Selamat Tragedi Mako Brimob, Gidot : Saya Bangga Dengan AKP Sulastri

Kalbar

Budiansyah Berpeluang Lolos ke Final Cabang Qiraat Sab’ah Remaja

Kalbar

Pilgub Kalbar – Karolin Belum Ketahui Calon Wakilnya

Kalbar

Milton-Boyman Merupakan Paslon Serasi Dan Harmonis

Kalbar

Warga Di Kecamatan Sanggau Kapuas Siap Dan Kompak Menangkan Karolin-Gidot

Kalbar

Karolin Komitmen Dukung Program Kampung KB, Untuk Ciptakan SDM Kalbar Hebat

Kalbar

Posko Pengaduan DPS Buka 24 Jam
error: Content is protected !!