Kapolsek Kembali Hadiri Kegiatan Tolak Bala Di Desa Salatiga

oleh -1.059 views

SALATIGA, LANDAKNEWS– Menyikapi situasi Pasca tahapan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar di daerah sembora dan sekitarnya.

Kamis sore (5/7) diadakan acara tolak bala didesa salatiga, yang mana hal ini merupakan hasil kesepakatan yang dibuat oleh 3 desa yaitu Desa salatiga, Desa Sembora dan Desa Binuang.

Kegiatan yang dihadiri oleh muspika Kecamatan Mandor, muspika kecamatan Toho, Kades Salatiga, Kades Sembora, Kades Binuang, DAD Kecamatan Mandor, DAD Kecamatan Toho, timanggong Desa Salatiga, Desa Sembora dan Desa binuang, personil POLRI dari Polsek Mandor dan Polsek Toho, Personil TNI dari Koramil Mandor dan toho, serta masyarakat dari 3 desa tersebut berjalan aman dan lancar.

Kades Salatiga Rudy mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menghilangkan presepsi masyarakat yang mengatakan ketiga desa ini tidak aman serta untuk mencegah terjadinya tindakan tindakan yang dapat merusak keamanan dan ketertiban yang selama ini terjalin.

“Kami 3 Desa Sepakat untuk saling berkerja sama menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan desa kami,” tutur rudy.

Kegiatan ini diawali dengan nyangahatn (pembacaan doa) dari panyangahatn kemudian dilakukan pemasangan tempayan sebagai tanda dilaksanakannya adat tolak bala kemudian berberapa arahan dan himbauan dari dua muspika dan DAD agar masyarakat menjaga toleransi antar sesama serta menjaga keamanan.

Kapolsek Mandor IPTU Anuar syarifudin menyambut baik kegiatan ini dan berharap masyarakat benar benar memahami arti dari pelaksanaan adat tolak bala ini agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di antara dua kecamatan ini.

“Mari kita cipatakan situasi yang aman dan kondusif, cegah berita hoax dan tetap menjaga dan memelihara kamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya serta tidak mudah terprovokasi,”harap Kapolsek.

Penulis : Hilarius Aleksander
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *