Warisi Adat Budaya, Keraton Ismahayana Landak Gelar Saprahan

oleh

NGABANG, LANDAKNEWS – Menggelar makan bersama dilapangan terbuka terasa lebih nikmat, beraneka menu disajikan untuk disantap.

Harmoni terasa masih kental saat warga mulai berkumpul, saling berhadapan  dan menikmati sajian yang disediakan. Warga setempat maupun warga pendatang berbaur duduk lesehan bersama menikmati makanan  yang tersaji, acara ini oleh warga setempat dinamai “Saprahan”.

Saprahan merupakan acara tambahan dari acara besar Tumpeng Negeri, acara adat istiadat yang diwariskan turun temurun di kalangan keturunan kerajaan Ismahayana Landak dan warga sekitar keraton.

Minggu (16/9/18), sore,  Desa Raja diramaikan oleh acara Saprahan Tumpeng Negeri yang pelaksanaannya mengambil tempat disepanjang jalan raya Desa Raja tepatnya depan keraton Ismahayana Landak.

“Tujuan dari saprahan ito’, selain mewarisi nilai adat budaya dire’, juga untuk mempererat tali silaturahmi sebagai wujud rasa kebersamaan, ” tutur Ya’ Darso selaku tokoh pemuda setempat.

Acara yang digelar ditepi jalan raya ini banyak mengundang perhatian warga yang melintas, sekitar ratusan warga hadir untuk mengikuti prosesi acara. Terkait hal tersebut, guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan Polsek Ngabang terjunkan personilnya berikan bantuan pengamanan.

Penulis : Irwanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *