Home / Kalbar

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:07 WIB

Sutarmidji Serahkan Lima Warisan Tak Benda

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyerahkan lima sertifikat warisan budaya tak benda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Pemkot Pontianak.

“Saya serahkan lima sertifikat warisan budaya tak benda ke pemkot Pontianak dari Kemendikbud. Adapun sertifikat yang diserahkan, Masakan Paceri Nanas, Masakan Sayok Keladi, Kain Corak Insang, Saprahan, Arakan Pengantin,” kata Sutarmidji usai Festival Saprahan di Pontianak Convention Center, Rabu.

Ia melanjutkan, kuliner tradisional seperti Paceri Nanas dan Sayok Keladi akan menjadi wisata di suatu daerah agar tidak dimiliki oleh daerah lainnya sekaligus melindungi hasil karya kuliner masyarakat Pontianak yang sudah ada sejak dahulu.

Baca juga  Bawaslu tegaskan semua pihak jangan kampanye di medsos

Sutarmidji menambahkan, untuk Saprahan dan Arakan Pengantin harus dilestarikan dan memiliki pakem atau alur pelaksanaan dalam kegiatan tersebut.

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini juga meminta Pemkot Pontianak membantu inovasi dalam proses pengemasan kuliner warisan budaya tak benda.

“Ada beberapa yang harus ada inovasi, seperti sambal Aji Dolah, ada jenis bagian-bagiannya kalo dibiarkan dua jam itu mengurangi aroma yang lainnya. Ini yang harus disiasati,” kata Sutarmidji.

Baca juga  Masyarakat Putussibau Utara Deklarasi Dukung Karolin-Gidot

Harapannnya juga dengan adanya warisan budaya tak benda ini bisa dilestarikan di seluruh Kalbar bahkan hingga ke nasional.

“Lima warisan budaya tak benda harus dilestarikan, kalau perlu se-Kalbar harus ada dan se-Indonesia diterapkan di masyarakat. Kalau perlu malah harus dilombakan,” katanya.

SUMBER: ANTARA KALBAR

Share :

Baca Juga

Kalbar

Perluas Program Rumah Pangan Lestari

Kalbar

Warga Perbatasan Tolak Jadi “Korban Politik”

Kalbar

Seluruh Kader Partai Demokrat Siap Jadi Jurkam Pemenangan Karolin-Gidot

Kalbar

Natal Oikumene Nasional di Kalbar Sukses

Kalbar

Karolin-Gidot Komitmen Antisipasi Korupsi Dilingkungan Birokrasi

Kalbar

Berhasil Amankan 12 Pucuk Senjata Api, Sertu Surya Diganjar Apresiasi

Kalbar

Masyarakat Dayak Sintang Harus Bersatu Dan Kompak

Kalbar

Tak Letih Kampanye, Karolin : Ini Bukti Saya Mau Kerja Untuk Rakyat
error: Content is protected !!