Home / Polri

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:23 WIB

Polsek Mempawah Hulu Membuat Alat Pemadam Kebakaran dari Motor

MEMPAWAH HULU – Trobosan kreatif yang di lakukan oleh anggota Polsek Mempawah Hulu dengan memodifikasi kendaraan dinas Roda Dua untuk menjadi mesin Pompa Pemadam Kebakaran diberi nama Motor Pemadam Kebakaran (MOPKAR), pantas menjadi perhatian karena dari  peralatan yang sederhana tetapi mampu menghasilkan daya Semprot yang cukup kuat sehingga mampu menjangkau titik api yang posisinya agak tinggi.

Modifikasi MOPKAR tersebut bisa bermanfaat karena mampu memadamkan api  yang cukup besar serta memiliki nilai  yang lebih ekonomis. Sebab peralatannya hanya  dengan sedikit memodifikasi sebuah sepeda motor jenis 4 Tak/stroke.

“Saya membuat terobosan ini dikarenakan setiap hampir disetiap musim kemarau terjadi kebakaran lahan dan belum adanya mobil/alat pemadam kebakaran dikecamatan Memawah Hulu dan sompak,  namun sangat bermampaat, apa yang kami lakukan ini semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat” kata Ipda Zulianto Kapolsek Mempawah Hulu

Baca juga  Brigadir Rony Memberikan Pelayanan Masyarakat yang datang di Mako Polsek Menjalin

Ipda Zulianto mengatakan proses inovasi ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi internet dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda.

“saya membuat inovasi ini belajar dari internet, dari kemajuan teknologi ini lah saya membuat terobosan agar anggota ketika di lapangan dapat bekerja efektif dalam mengatasi bencana kebakaran, ” tambahnya.

Baca juga  Jaga Kamtibmas Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru Bhabinkamtibmas  Laksanakan DDS

“Motor Pemadam kebakaran seperti ini di Polres Landak belum ada, baru di Polsek Mempawah Hulu yang membuat, dengan harapan keberadaan “MOPKAR” ini nantinya dapat dimanfaatkan apabila terjadi Musibah kebakaran maupun Kebakaran Hutan dan Lahan serta sebagai percontohan di wilayah lain yang memang belum memiliki alat padam kebakaran, ” harap Zulianto

Penulis  : Heru Tan
Editor: One

Share :

Baca Juga

Polri

Kanit Lalu Lintas Polsek Mandor Tangani Laka Lantas TKP Desa Selutung

Polri

Dianggap Gagal Kelola Kebun, Kantor PT. IGP Disegel

Polri

Kapolsek Bersama Anggota Laksanakan Pengamanan Ibadah di Gereja

Polri

Kapolsek Menjalin Selaku Irup Upacara Berikan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Menjalin

Polri

Perahu Oleng, Seorang Karyawan PT. DSM Hilang

Polri

Bripka Muhadi Sambangi Desa Pongok

Polri

Anggota Polsek Menyuke Sambang Desa Sampaikan Himbauan Kamtibmas

Polri

Kapolsek Mandor Melaksanakan Sambang
error: Content is protected !!