Home / Polri

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:23 WIB

Polsek Mempawah Hulu Membuat Alat Pemadam Kebakaran dari Motor

MEMPAWAH HULU – Trobosan kreatif yang di lakukan oleh anggota Polsek Mempawah Hulu dengan memodifikasi kendaraan dinas Roda Dua untuk menjadi mesin Pompa Pemadam Kebakaran diberi nama Motor Pemadam Kebakaran (MOPKAR), pantas menjadi perhatian karena dari  peralatan yang sederhana tetapi mampu menghasilkan daya Semprot yang cukup kuat sehingga mampu menjangkau titik api yang posisinya agak tinggi.

Modifikasi MOPKAR tersebut bisa bermanfaat karena mampu memadamkan api  yang cukup besar serta memiliki nilai  yang lebih ekonomis. Sebab peralatannya hanya  dengan sedikit memodifikasi sebuah sepeda motor jenis 4 Tak/stroke.

“Saya membuat terobosan ini dikarenakan setiap hampir disetiap musim kemarau terjadi kebakaran lahan dan belum adanya mobil/alat pemadam kebakaran dikecamatan Memawah Hulu dan sompak,  namun sangat bermampaat, apa yang kami lakukan ini semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat” kata Ipda Zulianto Kapolsek Mempawah Hulu

Baca juga  Laka Lantas Antara Mobil Tangki SPBU Vs Sepeda Motor Merk Honda

Ipda Zulianto mengatakan proses inovasi ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi internet dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda.

“saya membuat inovasi ini belajar dari internet, dari kemajuan teknologi ini lah saya membuat terobosan agar anggota ketika di lapangan dapat bekerja efektif dalam mengatasi bencana kebakaran, ” tambahnya.

Baca juga  Giliran PT.TAA Di Cek Peralatan Damkarnya Oleh Kapolsek Sebangki Setelah Sebelumnya PT.CNP

“Motor Pemadam kebakaran seperti ini di Polres Landak belum ada, baru di Polsek Mempawah Hulu yang membuat, dengan harapan keberadaan “MOPKAR” ini nantinya dapat dimanfaatkan apabila terjadi Musibah kebakaran maupun Kebakaran Hutan dan Lahan serta sebagai percontohan di wilayah lain yang memang belum memiliki alat padam kebakaran, ” harap Zulianto

Penulis  : Heru Tan
Editor: One

Share :

Baca Juga

Polri

Cegah Karhutla Dua Personil Polsek Mandor Lakukan Patroli Ke Desa Desa di Wilayahnya

Polri

Anggota Polsek Ngabang Memberikan  Imbauan Tentang  Pencegahan  Virus  Covid-19

Polri

Percepat Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, Pemkab Landak Gelar Rakor Bersama Kanwil DJPB Provinsi Kalbar

Polri

Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Polsek Mandor Gencar Lakukan Penggalangan

Polri

Pilih Yang Menang, Warga Singkawang Tengah Siap Coblos Karolin-Gidot

Polri

Kasat Lantas Polres Landak  Lantik Polisi Siswa Angkatan Pertama   

Polri

Polsek Mandor Gelar Ops Pekat Kapuas 2020

Polri

Patroli Malam Polisi Sambangi Kampus Arastamar Ngabang
error: Content is protected !!