Home / Pemda Landak

Kamis, 1 November 2018 - 18:48 WIB

Pentingnya Teknologi Dan Informasi Bagi Masyarakat

NGABANG – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melalui Ocin Staf Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan SDM, Kamis (01/11/18), siang membuka sosialisasi dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guna Menunjang Pembangunan Redesain USO, di di Gedung SMA Takhassus Alqur’an, Pondok Pesantren Nurul Islam.

Dalam kata sambutanya ia mengatakan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan mendasar yang membawa bangsa Indonesia memasuki era teknologi informasi dan komunikasi.

“Ketersediaan informasi yang memadai bagi publik serta kebebasan untuk memperoleh informasi merupakan elemen penting untuk mewujudkan pemerintahan yang terbuka sena bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), ” katanya.

Melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, berbagai upaya telah digagas oleh Iembaga publik dalam meningkatkan kualitas keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Sejalan dengan semangat keterbukaan informasi, perwujudan pemerintahan yang baik dapat dilakukan dengan menyediakan saluran komunikasi yang efektif agar dapat mendorong keterlibatan publik.

“Setiap Iembaga pemerintahan wajib menyediakan sistem komunikasi publik yang memungkinkan masyarakat mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan, ” tegasnya.

Dangan adanya pusat pelayanan Informasi dan komunikasi publik berupa pembangunan sarana dan prasarana komunikasi dan informatika dapat meningkatkan pelayanan komunlkasl dan informasi kepada publik, sebagaimana yang tertuang dalam peraturan menterl komunikasi dan informatika Nomor 22 Tahun 2015 tentang rencana strategic kementerian komunikasi dan informatika tahun 2015-2019.

Baca juga  Bupati Landak Dukung Program PT. Pegadaian Bantu UMKM Terdampak COVID-19

Lebih juah Ocin menyatakan pengelolaan komunikasi yang menjamin terbangunnya komunikasi yang harmoni antara pemerimah dan masyarakat tidak bisa diabaikan. Sejalan dengan dinamika global dan demokratisasi, peran komunikasi publik menjadi semakin panting dalam upaya mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat, membentuk opini, dan menjaring aspirasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bemegara.

“Dengan kehadiran pembangunan sarana dan prasarana diharapkan dapat mendukung pertukaran lnformasi antara instansi pusat dan daerah secara cepat, tepat dan akurat. Perkembangan sarana dan prasarana komunikasi di Kabupaten Landak belum dirasakan oleh seluruh masyarakat, terutama dari pelayanan komuntkasi dan Informatika dalam penyelenggaraan pemerintahan guna menunjang peningkatan pelayanan publik, ” bebernya.

Oleh sebab itu perkembangan tekhnologi yang sedemikian cepat dan boragam mendorong Dinas Komunikasi dan lnformatika Kabupaten Landak lebih celektif dalam penyediaan sarana dan prasarana komunikasi dan informatika untuk mendukung unit kerja di lingkungan pemerintahan daerah Kabupaten Landak dalam mendukung terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih (good govermance and clean govermence).

Pada kesempatan itu, Ocin meminta kepada, peserta sosialisasi bisa memahami materi yang disampaikan oleh narasumber secara cermat dan segera menyesuaikan dengan perubahan dan dinamika terkait dengan perkembangan tekhnologi dan informasi.

Baca juga  Satlantas Polres Landak Gelar Doa Bersama

Kemudian, dengan adanya sosialisasi ini menampakan upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya teknologi dan informasi bagi kita semua.

Sebelumnya Ketua Yayasan Nurul Islam Iskandar menyatakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guna Menunjang Pembangunan Redesain USO sangat penting dan banyak manfaat bagi peserta hadir.

“Kami atas nama yayasan mengucap terima kasih kepada rombongan hadir dan menyempatkan diri dan mau datang ibu kota menuju Kota Ngabang Kabupaten Landak,” kata Iskandar.

Isakandar menegaskan dalam pengelolaan pemberdayaan masyarakat, ada tiga hal yang perlu dicermati, yaitu ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap/attitude. “Mungkin 3 hal ini akan sangat berhubungan sekali dengan apa yang akan disampaikan nanti pada kita sekalian,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tadi, perwakilan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Landak, perwakilan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Landak, Camat Ngabang, dan para santri dan para ustadz pondok pesantren.

Penulis: hi74
Editpr: One

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Terkendala Pembebasan Lahan,  Program Pelebaran Jalan Dalam Kota Tidak Jadi Terealisasi

Pemda Landak

Pemkab Landak Raih 4 Penghargaan Sertifikat Program Kampung Iklim Dari Kementerian LHK

Pemda Landak

Bupati Landak Sampaikan RPJMD 2017 – 2022

Pemda Landak

Bupati Landak Serahkan SK Kepala Sekolah, Guru SD dan Guru SMP

Pemda Landak

Jelang Pilkades Serentak Pemkab Landak Adakan Rapat Koordinasi

Pemda Landak

Bupati Landak Dukung DAD Berlakukan Hukum Adat Cegah COVID-19

Pemda Landak

Pemkab Landak Dan Polres Landak Jemput Pasien Dalam Pengawasan

Pemda Landak

Bupati Hadiri Reuni Akbar, Alumni Yang Telah Sukses, Wajib Menjadi Teladan
error: Content is protected !!