Bupati Kukuhkan Pengurus FKUB Landak

oleh

NGABANG– Sebanyak 17 Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Landak, Masa Bakti 2018-2023,  dikukuhkan Bupati Landak Karolin Margret Natasa,  Kamis (08/11/18), di Aula Kantor Bupati Landak.

Tampak hadir Forkopimda Landak,  Tokoh Agama,  Tokoh Masyarakat,  Tokoh Adat,  Tokoh Pemuda,  dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Karolin mengucap selamat kepada anggota dan pengurus FKUB Kabupaten Landak periode 2018-2023 yang dikukuhkan hari ini.

“Saya berharap keberadaan FKUB Kabupaten Landak kedepan bekerja keras, bekerja cerdas. bekerja iklas dan berkerja tuntas, ” kata Karolin.

Lebih juah mantan anggota dua periode DPR RI  ini mengatakan perbedaan agama dan kepercayaan seringkali dijadikan pemicu konilik, baik konflik horizontal maupun vertikal oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab.

“Kondisi ini sudah barang tentu mengusik kerukunan hidup antar umat beragama yang telah dibangun sejak lama, ” kata ibu dua anak ini.

Lanjut Karolin,  eksistensi keagamaan atau kepercayaan seseorang senantiasa dijadikan isu dalam setiap pemilihan pejabat publik dari pemilihan presiden, gubernur, bupati, anggota DPR/DPRD bahkan hingga pemilihan ketua RT.

“Kondisi ini jika tidak disikapi dengan sen’us pada akhimya bisa menyeret masyarakat kedalam konflik horizontal maupun vertikal. Oleh karena itu dibutuhkan peran dan fungsi FKUB dan seluruh elemen warga masyarakat untuk mengantisipasi teljadinya konih‘k antar umat beragama melalui proteksi dim’ dan cegah dini terjadinya sumber konflik, ” kata Ketua DPP Pemuda Katolik RI ini.

Untuk menjamin terus berlangsungnya proses pembangunan guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Landak yang sejahtera lahir dan bathin, suasana yang kondusif
mutlak diperlukan.

“Kondisi ini terwujud jika kerukunan antar umat beragama tetap terjaga, bahkan antar umat beragama saling bersatu padu untuk membangunan masyarakat Kabupaten Landak. Tokoh agama dan pemuka agama sangat berperan penting untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang kerukunan intern, antar dan antara umat
beragama.

Selain itu peran-serta tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan serta mewujudkan peningkatan dam kesadaran umat beragama dalam mempererat persaudaraan
sesama penganut umat beragama.

Melalui FKUB Kabupaten Landak, tambah,  tumbuhnya kesadaran rasa kebersamaan diseluruh pelosok wilayah Kabupaten Landak sangatlah penting, baik dari lingkup terkecil yaitu keluarga, rukun tetangga, rukun warga dan seterusnya sampai ketingkat nasional. Dengan demikian, dalam kehidupan masyarakat sejak dini telah terbentuk sebuah kehjdupan bersama yang saling menghargai dan memberikan apresiasi terhadap keberagaman.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat berkarya kepada anggota dan pengurus FKUB Kabupaten landak yang baru dikukuhkan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan meridhoi upaya dan langkah kita dalam mewujudkan peningkatan kerukunan umat beragama di Kabupaten Landak, ” tukas Ketua FORKI Kalbar ini.

Penulis: hi74
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *