Polsek Menyuke Amankan Kegiatan MusDAD dan Pemilihan Ketua Dewan Adat Dayak Menyuke

oleh

MENYUKE – Musyawarah Dewan Adat Dayak (MusDAD) ini dalam upaya melestarikan adat istiadat dan kearifan lokal, untuk menjamin kelancaraan pelaksanaan Polsek Menyuke amankan jalannya kegiatan Musyawarah Adat (Musdat) dan Pemilihan Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Menyuke tahun 2018 di Aula Paroki Darit, Jum’ at (09/11/2018).

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Landak dan rombongan, Presiden Adat Dayak Drs. Cornelis, Ketua DPRD Kabupaten Landak Heri Saman bersama rombongan sebagai DAD Kabupaten, Muspika Menyuke, Pengurus Adat Se-Kecamatan Menyuke, Tokoh, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati Landak Dr. Karolin Margret Natasa atas nama Pemerintah Kabupaten Landak dalam sambutannya mengatakan, turut berbahagia bisa hadir dan atas nama Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten mendukung penuh atas pelaksanaan Musyawarah Adat , karena hal ini merupakan upaya melestarikan kearifan lokal serta adat dan budaya yang ada di masyarakat .

” Anime masyarakat Kecamatan Menyuke khususnya masyarakat suku Dayak dari tahun ke tahun sudah sangat kuat dalam melestarikan adat tradisi leluhur yang belum tergali lebih dalam adat tradisi sehingga dapat menyeimbangkan pembangunan ekonomi pada masyarakat adat,” ucap Bupati Landak.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Menyuke IPTU R. Dolok Saribu mengucapkan selamat atas terpilihnya FX. Syanting sebagai Ketua DAD Kecamatan Menyuke dan Ia berharap kedepannya dapat bekerja sama dengan Polsek Menyuke.

Kapolsek Menyuke mengatakan suksesnya pertemuan, tidak lepas dari pengawasan Polsek Menyuke yang ikut mengawal hingga akhir kegiatan, selain menghadiri, Kapolsek IPTU R. Dolok Saribu juga memimpin langsung Personelnya lakukan pengamanan.

Tidak hanya MusDAD, dalam Pertemuan juga diadakan pemilihan Ketua DAD Kecamatan Lembah Bawang Kab Bengkayang Periode tahun 2018 – 2022.

Mekanisme Pemiliha Ketua DAD Kecamatan Menyuke dilaksanakan satu putaran, sebanyak 18 pemilih terdiri dari temenggung 15 orang, Ketua DAD Kabupaten 1 orang, Penasehat DAD 1 orang dan pengurus DAD 1 orang, para pemilih mencoblos gambar calon.

Ada 3 calon Ketua DAD yang diajukan serta perolehan suara terbanyak FX. Syanting memperoleh suara sebanyak 15 suara, F. Sakiman memperoleh 3 suara dan Selvanus Itus tidak ada mendapat suara.

Penulis : Ewaldus Leo
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *