Home / Pemda Landak

Kamis, 15 November 2018 - 19:38 WIB

Donasi Pelanggan Indomaret  Untuk Blokng Kabupaten Landak

LANDAK – Persoalan air bersih, MCK dan tempat bersosialisasi warga komunltas adat terpencil (KAT) menjadi perhatian Indomaret. Ketiga hal itu telah menggerakkan Indomaret untuk menanggulangi masalah tersebut.
Pada pedode 1 Agustus hingga 31 Oktober 2017, lndomaret mengajak pelanggannya berdonasi melalui Program “Peduli KAT”. Dengan mekanisme yang sederhana pelanggan Indomaret diajak memberikan donasi saat bertransaksi di kasir.

Sumbangan bersifat suka rela. Kasir akan menawarkan dan hanya akan menyetruk nilai sumbangan pelanggan apabila pelanggan telah menyetujuinya.

Program KAT direspon positif oleh para pelanggan, dan hemasil mengumpulkan dana sebesar Rp 2.329.440.750. Dana tersebut diperuntukkan ketiga lokasi KAT Bolonk, Dusun Belangeran Desa Kumpang Tengah, Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak, Kalbar, Piloheluma, Desa Pandengo, Kecamatan Dengilo. Kabupaten Pohuwanto, Gorontalo dan Selage Desa Lebin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Bantuan senilal Rp 836.000.000 untuk pembangunan sarana air bersih, balai sosial dan drainase di Bolonk. Dusun Belangeran Desa Kumpang Tengah, Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak. Kalbar , Kamis (15/11) diresmikan oleh Menteri Soslal Agus Gumiwang Kartasasmita disaksikan Marketing Director PT lndomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, Dirjen Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin dan Bupati Landak dr.Karolln Margret Natasa, Marketing Communication Executive Durector PT Indomarco Prismatama, Gondo Sudjono, Branch Manager lndomaret Pontianak, Ady Sutono dan konsumen Indomaret yang giat berdonasi di Bolonk, Landak, Kalbar.

Baca juga  Landak Tidak Lagi Predikit Termiskin Se Kalbar

Pembangunan sarana air bersih sangat membantu Bolongk mengakses air bersih penduduknya yang berjiwa 168 jiwa tidak perlu lagi membawa,air dari dari sumber air diperbukitan yang berjarak 4 km. Sarana air bersih dibangun dengan membangun broncap penangkapan mata air di disumber mata air diatas perbukitan dan membangun jaringan pipanisasi jaringan mengunakan sistem Elevasi dengan jarak lebih kurang 4 km untuk sampai pada bak penampungan reservoir, bak menampung dalam sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM).

MCK sudah di setiap rumah, namun sarana air bersih yang mengalir ke setiap rumah belum ada hingga belum termanfaatkan dengan baik. Sebelumnya belum ada sarana air bersih dipermukiman warga.

Ada sungai dalam kondisi kurang Iayak sehingg sumber air bersih /pipanisasi air bersih dibangun diambil dari sumber air bersih pegunungan yang berjarak 4 km dari lokasi dengan topografi wilayah berbukit dan terjal sehingga sampai ke permukaan warga.

Sanitasi pembuangan limbah belum ada dan jika terjadi hujan sering terjadi genangan air sehingga melalui program ini telah dibangun drianase.

5mm pembuangan limbah belum ada dan jika terjadi hujan sering terjadl 3mm gig sewn“: mdami program Ini telah dibangun drainase.

Baca juga  Kapolsek Menyuke Beserta Camat Koordinasi Pilkada 2018

Balai sosial dibangun sebagai sarana sosial warga dengan luas bangunan 54 m2 dengan ukuran 9 x 6 m. Konsep bangunan menggunakan konsep kontekstual dan memiliki ciri khas bungunan daerah Kalimantan Barat yaitu kepala burung enggang pada basian ujung atap perisai depan dun belakang.

Sebelumnya pembangunan sarana sir bersih, balai sosial dan MCK 46 unit di Selage Desa Lebin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa telah diresmikan pada 25 Oktober lalu dan menyusul dalam waktu dekat lokasi KAT di Piloheluma, Desa Padengo, Kecamatan Dengilo, Kabupaten Pohuwanto.

Seat ini Indomaret berjalan program penggalangan donasi untuk membantu korban bencana gempa & tsunami di Palu (Sulteng). Sebelumnya penggalangan donasi untuk korban bencana
gempa di Lombok (NTB).

Donasi dilakukan baik kembalian belanja maupun sumbangan langsung melalui lndomaret.
Sumbangan masyarakat lni bersifat sukarela. Kasir akan menawarkan program donasi dan setelah disetujui konsumen, kasir baru menyetruk nilai sumbangan konsumen
sebagai bukti donasi.

Penulis: Rilis Indomarco Prismatama
Editor: One

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Korban Tanah Longsor, Masih Merupakan Keluarga Pemilik Alat PETI

Pemda Landak

Antisipasi Kendaraan Bermuatan Lebih, Pemkab Landak Pasang Portal

Pemda Landak

Segera Diperbaiki, Pemkab Landak Monitoring Kerusakan Ruas Jalan Darit-Meranti

Pemda Landak

Pemkab Landak Dukung Korsupgah Korupsi di Kalbar

Pemda Landak

Peringati HSP, Siswa SDN 10 Ngabang Gelar Fashion Show

Pemda Landak

Operasi Zebra 2017 Berakhir, 813 Kendaraan Ditilang

Pemda Landak

Bupati Landak Pimpin Upacara HUT ke-63 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020

Pemda Landak

Karolin Berharap RS Dan Pemda Bantu Regina Kena Kanker Mulut
error: Content is protected !!