Musdad : Yohanes Terpilih Jadi Ketua DAD Kecamatan Ngabang

oleh -341 views

NGABANG – Setelah 5 tahun masa jabatan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Ngabang periode 2013 – 2018 berakhir, kini unsur panitia pemilihan ketua DAD kecamatan Ngabang kembali  menggelar Musyawarah Dewan Adat Dayak (Musdad) Ke IV 2018 dan dilanjutkan pemilihan ketua DAD yang baru untuk periode 2018- 2023. Senin (10/12/18).

Sebanyak 10 orang timanggong yang berasal dari Kecamatan Ngabang ditambah 3 orang utusan mewakili DAD Kabupaten, DAD Kecamatan dan Penasihat DAD hari ini meberikan hak suaranya  untuk memilih salah satu dari 3 orang kandidat yang mencalonkan diri sebagai ketua DAD kecamatan.

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Camat Ngabang juga dihadiri langsung oleh Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Cornelis, Sekda Landak Vinsensius, Heri Saman dari DAD Kabupaten Landak, Muspika Ngabang, para Kepala Desa se Kecatan Ngabang,  para tokoh Masyarakat dan tokoh adat serta pasirah se Kecamatan Ngabang, ormas FPDL dan POAR serta para undangan dan pendukung dari masing- masing kandidat.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia penyelenggara dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Sekda Landak Vinsensius mewakili Bupati Landak  sekaligus membuka acara Musdat.

Dalam sambutannya, Vinsen Menyampaikan bahwa masyarakat dayak bisa maju bila memperhatikan 3 nilai yaitu Kepribadian, Keahlian dan pengetahuan selaras dengan proses jaman moderen,  tanpa mengenyampingkan nilai – nilai tradisi masyarakat Dayak.

“Jangan ada organisasi – organisasi tandingan yang dapat memecah belah persatuan dayak, ” tegas Vinsen.

Sementara itu dalam sambutan Heri Saman menyampaikan harapannya agar keberlangsungan organisasi Dayak harus menjadi motivasi untuk membangun kehidupan bersama khususnya suku Dayak,  dengan memperhatikan nilai – nilai toleransi hidup berdampingan dengan suku lainya yang ada di kehidupan sekitar.

Tiba pada acara pokok, kegiatan pemilihan Ketua DAD pun dilangsungkan melalui voting memperebutkan 14 suara.

Hasil voting akhir Yohanes.S.Pd.K mengnguguli dari 2 kandidat lainya dengan perolehan suara :
1. Joko Nikolaus Nata = 4 suara.
2. Pdt. Yahuda.S.Th.    = 0 suara.
3. Yohanes.S.Pd.K.       = 9 suara

Pada akhir kegiatan presiden Majelis Adat Dayak Nasional Drs. Cornelis.MH memberikan ucapan selamat atas terpilihnya ketua DAD yang baru sekaligus menyampaikan pandangan akhir

“sekarang masuk masa kampanye, untuk itu para temenggung dan DAD diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat adat Dayak tentang tatacara,  teknis berpolitik yang baik dan benar sesuai prosedur dan aturan yang ada” jelasnya.

“masyarakat Dayak jangan mudah diadu domba, karena masyarakat dayak memiliki subsuku” imbuh Cornelis sekaligus menutup acara.

Selama kegiatan pengamanan dilakukan oleh personil Polsek Ngabang yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Ngabang Komisaris Polisi Ida Bagus Gde Sinung.

Penulis : Irwanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *